Asrurin, Nurul (2004) Minat siswa dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di MI Miftahus Shibyan Sukosari Gondanglegi Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
99410173.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan merupakan salah satu kunci pokok yang perlu diperhatikan demi meningkatkan mutu SDM bangsa Indonesia karena pendidikan di Indonesia masih jauh tertinggal jika disandingkan dengan pendidikan yang ada diluar negeri. Ketertinggalan ini salah satunya disebabkan kurangnya minat masyarakat Indonesia terhadap pendidikan terutama masyarakat yang berada jauh dari keramaian kota. Minat terhadap sesuatu merupakan awal keberhasilan dari sesuatu itu. Minat pada pendidikan merupakan awal dari keberhasilan pendidikan itu sendiri sehingga bisa juga menjadi awal meningkatnya mutu SDM. Semakin besar minat terhadap pendidikan maka semakin besar pula prestasi yang diperoleh dalam pendidikan, dan sebaliknya. Dari sini perlu kiranya upaya untuk menumbuhkan dan memupuk minat yang ada pada siswa untuk terus melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi. Itulah yang menjadikan penulis tertarik untuk meneliti bagaimanakah minat siswa dalam melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya. Dari sini diharapkan bisa diungkap besarnya minat siswa dalam melanjutkan pendidikan serta faktor-faktor yang mempengaruhinya, sehingga bagi guru maupun orang tua bisa memberi motivasi, arahan, dan bimbingan yang sesuai.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MI Miftahus Shibyan Sukosari Gondanglegi Malang tahun ajaran 2003/2004 dan teknik pengambilan sampelnya dengan purposive sample. Sedangkan metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket yang selanjutnya dianalisa dengan menggunakan skor standar untuk mengetahui besarnya minat, yang kemudian diprosentasekan, dan menggunakan analisa regresi untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhinya. Dalam proses perhitungannya dibantu dengan komputer SPS (Seri Program Statistik) dari Sutrisno H adi dan Yuni Pamardinngsih.
Setelah data terkumpul dan dianalisa, maka diperoleh kesimpulan yaitu: 1). Minat siswa MI Miftahus Shibyan Sukosari Gondanglegi yang masuk dalam kategori tinggi sebesar 13,21%: kategori sedang sebesar 66,04%; dan kategori rendah sebesar 20,75%. 2). Minat siswa MI Miftahus Shibyan dalam melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi dipengaruhi oleh faktor dorongan dari dalam dengan SE sebesar 8,724%: faktor motif sosial dengan SE sebesar 15,440%: dan faktor emosional dengan SE sebesar 4,146%. Melihat hasil penelitian ini, maka diharapkan para siswa bisa lebih memotivasi dirinya sendiri untuk meningkatkan minatnya dalam melanjutkan pendidikan dan lebih bersungguh-sungguh dalam belajar karena hasil belajar yang baik sangat mempengaruhi bertambahnya minat terhadap pendidikan (dalam melanjutkan pendidikan).
ABSTRACT
Education is one of main ways needed for improving human resources development quality in Indonesian, because Indonesian education still left behind than others. The cause of this left behind is less interest of Indonesian society to education, especially cloistered people. Interest for something is first way to reach for the matter, interest for education also first way in efficacy of education and cai١ becomes early of improvisation for quality of human resource development. Excelsior the interest in education also reflects greater achievements are reached. From this discussion, needed for developing and improving the student interest in continuing to higlier level of education. And this discussion that making writer is interested in search about how many the student interest in continuing higher level of education and what factors that influence. So can be shown high of student interest in continuing to higher level of education and also factors that influence, with the result that teachers or parents can give a motivation, guidance, and tuition.
This research, the population is all students in MI Miftahus Shibyan Sukosari Gondanglegi in Malang in 2003/2004 periods, and technique intake of sample is purposive sample. In this research, the method of intake data is questionnaire, and than is analyzed and presented by standard score to know level of student interest in continuing to higlier level of education. And to find tlie influence factors use regressions analyze method. The calculating use SPS (Series Programming Statistic) program of computer by Sutrisno Hadiand Yuni Pamardingsih.
After data are collected and analyzed, given a conclusion, it is: 1). The student interest of Ml Miftahus Shibyan Sukosari Gondanglegi: which high categories is 13,21 %, middle categories is 66,04 %, and low categories is 20,75 % 2). The student interest of Ml Miftalius Shibyan Sukosari Gondanglegi in continuing to higher level of education that influenced by them self motivation with SE of 8,724 %, the factors of social motif with SE of 15,440 0, and emotional factors with SE of 4,146 %. From this research result, are expected that student can more motivate them self to improving interest of student in continuing to higher level of education and more study hard because it very help in increasing of interest in continuing to higher level of education
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Mulyadi, Mulyadi |
Keywords: | Minat; Kelanjutan Pendidikan; Jenjang Lebih Tinggi Interest; The continue of education; Higher Level of Education |
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 27 Oct 2023 13:22 |
Last Modified: | 27 Oct 2023 13:22 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/57134 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |