Kumalasari, Nur (2005) Pengaruh Home Program terhadap perkembangan perilaku Anak Autis. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
00410045.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Dalam skripsi ini, peneliti mengambil judul Pengaruh Home Program Terhadap Perkembangan Perilaku Anak Autis. Penelitian merupakan rangkaian kegiatan ilmiah dalan rangka pemecahan suatu permasalahan. Penelitian ini meggunakan metode srudi kasus yaitu suatu bentuk penelitian yang mendalam tentang suatu aspek lingkungan sosial. Studi kasus dapat dilakukan terhadap seorang individu, sekelompok individu, atau lembaga sosial. Studi kasus dapat mengenai perkembangan sesuatau, dapat pula gambara tentang keadaan yang ada. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Dalam penelitian kualitatif penemuan-penemuan yang dicapai atau diperoleh tidak dapat dengan menggunkan prosediur- prosedur statistik atau dengan cara-cara lain dari kuantifikasi atau penguguran.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan pelaksanaan home program bagi anak autis, menggambarkan faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan home progran, serta menggambarkan penagaruh home program terhadap perkembangan perilaku anak autis.
Teknik analisis data merupakan teknik untuk merubah suatu data mentah menjadi data yang mempunyai makna dan berguna dalam memecahkan masalah penelitian serta menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada. Teknik analisis data yang digunaka untuk menjawab pertanyaan tersebut adalah dengan metode wawancara dan observasi.
Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan pada bulan Maret sampai Juni 2004, peneliti dapat memberikan kesimpuulan bahwa pelaksanaan home program dimulai dengan evaluasi awal, menjalani seluruh materi yang telah ditetapkan, mencatat perkembangan anak setiap hari, serta mengadakan evaluasi akhir. Dari sini dapat diketahui bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan home program bagi anak autis adalah derajat autis yang di derita anak, kapasitas atau peran orangtua, attachment atau kelekatan anak pada orangtua, serta situasi rumah yang mendukung.
penanganan autis adalah memerlukan waktu yang lama bahkan bias long life. Sehingga disarankan bagi orangtua agar ikut berpartisipasi aktif dalam menangani program terapi bagi anaknya, serta mampu menjadi manager untuk setiap terapi yang dilakukan.
ABSTRACT
In this thesis, the researcher takes title "the influence of home program to behavior development of autism child (Case Study on JI. Srigading dalam No. 4 Malang and JI. Kina No. 22 Blitar)”. Research is combination of scientific activity to solve some problems. This research use case studies method, it is searching about social behavior including human. Case studies can be done to individual, a group of individual, a group of human, social behavior, social institution, developing and describe matters. Approaches are used qualitative. The result of qualitative approach cannot be found by statistic procedures or quantification and calculation.
This research aimed to describe home program activity of autism child, describe some factors that influence home program efficacy of autism child, or to describe the influence of home program to behavior developing of autism child.
The analysis data technique to change original data became useful data for solve some problems as research object and answer many questions. Analysis technique is used inductive, and method of collecting data is used observation and questionnaire to answer many questions.
The real effect of home program activity of autism child is developing the autism child behavior. It’s fact, increasing level of communication ability, adherence level, level of generalization ability, level of assist themselves ability and decreasing inappropriate behavior.
Based to research has done on March up to June of 2004, researcher can conclude that home program is started with first evaluating, experiencing all matters set, note child developing every day, and final evaluating. So, can known some factors influence home program efficacies of autism child are level autism on every child, parent activities capacity, interaction between parent and his son, and home condition
The handling of autisms are needed long-time, even for long-life. So, recommended for parents to participate for therapy program intensively for his son and became good manager for every therapy done.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Sulistyaningsih, Sulistyaningsih |
Keywords: | Home Program; Perilaku Anak Autis Home Program; Behavior of Autism Child |
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 11:17 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 11:17 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/57089 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |