Silfiana, Dwi Rahmi (2004) Analisis tingkat kepuasan Konsumen dalam membeli HP: Survei pada Mahasiswa yang berkunjung ke Perpusda Medan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
00410017.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Dalam skripsi ini, peneliti mengambil judul Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Dalam Membeli HP (Survei pada Mahasiswa yang Berkunjung ke Perpusda Medan). Penelitian ini merupakan rangkaian kegiatan ilmiah dalam rangka pemecahan suatu permasalahan. Penelitian ini menggunakan metode survai yaitu suatu bentuk penelitian terhadap sebagian dari populasi atau sampel. Metode survai ini hanya dapat dilakukan terhadap sekelompok manusia yang memiliki ciri-ciri tertentu yang telah ditentukan sesuai dengan populasi maupun sampel. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian kuantitatif penemuan-penemuan yang dicapai atau diperoleh dapat menggunakan prosedur-prosedur statistik atau dengan cara-cara lain dari kuantifikasi atau pengukuran.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat kepuasan mahasiswa kota Medan dalam membeli HP, serta untuk mengetahui berapa besar tingkat kepuasan mahasiswa kota Medan dari masing-masing faktor dalam membeli HP.
Teknik analisis data merupakan teknik untuk merubah suatu data mentah menjadi data yang mempunyai makna dan berguna dalam memecahkan masalah penelitian serta menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis faktor. Dan metode pengumpulan data yang digunakan untuk menjawab pertanyaan tersebut adalah dengan metode angket, interview, dan observasi.
Tingkat kepuasan konsumen dalam membeli HP dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik itu faktor external maupun intemal. Kepuasan konsumen dapat tercapai jika hasil kinerja suatu produk sesuai dengan harapan yang diinginkan oleh konsumen. Jika konsumen merasa puas dengan produk yang telah dibelinya maka ia akan membeli lagi produk tersebut.
Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan pada bulan Juni sampai awal Agustus 2004, peneliti dapat memberikan kesimpulan bahwa dari beberapa faktor yang ada setelah direduksi dengan analisis faktor menjadi tujuh faktor utama yaitu faktor kualitas, faktor fasilitas, faktor harga, faktor informasi, faktor pelayanan, faktor prestise, dan faktor komunikasi, dengan masing-masing tingkat kepuasan oleh faktor kualitas adalah 26,659%, faktor harga dengan tingkat kepuasan sebesar 8,441%, faktor fasilitas dengan tingkat kepuasan sebesar 8,232%, faktor informasi dengan tingkat kepuasan 6,543, sementara faktor pelayanan dengan tingkat kepuasan 5,558, faktor prestise dengan tingkat kepuasan 5,244, dan faktor komunikasi dengan tingkat kepuasan 4,572.
Dengan tingkat kepuasan yang dipengaruhi oleh faktor-faktor tersebut diatas, dapat disarankan kepada perusahaan-perusahaan yang menghasilkan produk HP agar memperhatikan ketujuh faktor tersebut. Maka dari itu perusahaan perlu meningkatkan mutu dari ketujuh faktor tersebut agar konsumen merasa kebutuhan akan HP yang telah mereka beli telah terpenuhi dan sesuai dengan harapan yang diinginkan. Selain itu disarankan juga kepada konsumen agar dapat memilih HP sesuai dengan keinginan konsumen yaitu sebagai produk tambahan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Yahya, Yahya |
Keywords: | Kepuasan Konsumen |
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 25 Oct 2023 13:45 |
Last Modified: | 25 Oct 2023 13:45 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/57081 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |