Wijayanti, Maghfira (2002) Pengaruh Motivasi dalam memilih program studi terhadap prestasi belajar mahasiswa STAIN di Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
98150159.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Hingga dekade sekarang ini usaha untuk menjadi sarjana yang berprestasi di Indonesia dari tahun ke tahun masih mengalami banyak kendala. Jalan untuk dapat memasuki ruang kuliah tidaklah lapang terbukti dengan masih ketatnya persaingan sewaktu UMPTN, sedang langkah untuk keluar dari pintu gerbang sebuah perguruan tinggi dengan berprestasi baik juga mengalami banyak hambatan. Banyak rintangan dan masalah yang dapat menggagalkan tercapainya cita-cita tinggi yang dimiliki oleh para mahasiswa sewaktu memasuki perguruan tinggi dan usaha untuk lulus dengan prestasi baik. Namun dalam kenyataan betapapun banyaknya kesulitan dan masalah yang dihadapi mahasiswa ketika studi, kalau mereka memiliki motivasi yang tinggi maka segala kesulitan dan masalah tersebut dapat diatasi dengan baik. Apalagi motivasi yang dimiliki mahasiswa yang bersangkutan telah tertanam sejak awal dalam pemilihan program studi sewaktu mendaftarkan diri di perguruan tinggi, tentunya akan lebih mendorong terhadap prestasi belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dalam memilih program studi terhadap prestasi belajar mahasiswa di STAIN Malang yang sekarang berubah menjadi UIIS (Universitas Islam Indonesia-Sudan)
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif Adapun jenis penelitian ini merupakan penelitian korelasional, dengan sampel penelitian mahasiswa STAIN Malang/UIIS semester dua Angkatan Tahun 2001 sebanyak 50 mahasiswa dari 10 program studi. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling) data dikumpulkan melalui angket (Questionaire). Untuk menguji kesahehan data memakai teknik Product Moment dari Pearson yang kemudian dikorelasikan dengan teknik Part Whole dengan taraf signifikansi 5%. Uji keandalan data menggunakan teknik Alpha dari Cronbach dan data dianalisis dengan Anava serta dengan menggunakan bantuan komputer program SPSS for Windows release 10
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan sebagai berikut: Pertama, motivasi mahasiswa dalam memilih program studi di STAIN Malang dari 50 mahasiswa yang dijadikan sampel penelitian, 21 mahasiswa atau 42% memiliki motivasi tinggi, 29 mahasiswa atau 58% memiliki motivasi sedang, sedang mahasiswa yang tergolong motivasi rendah nihil atau 0%. Dengan demikian motivasi mahasiswa STAIN Malang/UIIS dalam memilih program studi dalam kategori tinggi dan sedang. Kedua, prestasi mahasiswa STAIN Malang dapat diketahui bahwa sebanyak 22 mahasiswa atau 44% memiliki prestasi belajar dengan predikat kumlaude, 20 mahasiswa atau 40% memiliki prestasi amat baik, 8 mahasiswa atau 16% memiliki prestasi baik, sedang untuk predikat cukup dan tidak lulus nihil atau 0%. Dilihat dari data di atas dapat disimpulkan bahwa secara umum prestasi belajar mahasiswa STAIN Malang berpredikat Amat Baik. Ketiga pengaruh motivasi dalam memilih program studi terhadap prestasi belajar mahasiswa di STAIN Malang memiliki korelasi yang sangat signifikan, karena nilai hitung regresinya sebesar F=24,969, nilai ini lebih besar dari Fubei 1% (7,19). Dari data yang ada dapat disimpulkan bahwa sebanyak 21 mahasiswa memiliki motivasi tinggi dengan nilai IP rata-rata 3,5648, IP terendah dari kelompok mahasiswa ini 3,10 dan IP tertinggi 3,80 Sebanyak 29 mahasiswa memiliki tingkat motivasi sedang dengan nilai IP rata- rata 3,2448, IP terendah dari kelompok mahasiswa ini 2,84 dan IP tertinggi 3,60. Sedang untuk mahasiswa yang memiliki motivasi rendah nihil. Dengan demikian dari statistik di atas dapat diketahui bahwa mahasiswa yang memiliki motivasi tinggi cenderung memiliki IP tinggi, demikian juga sebaliknya mahasiswa yang memiliki motivasi sedang cenderung memiliki IP sedang. Secara umum prestasi hasil belajar mahasiswa STAIN Malang/UIIS dalam kategori predikat Amat Baik, karena rata-rata IP dari 50 mahasiswa yang menjadi subyek penelitian yaitu 3,3792, dengan IP terendah 2,84 dan IP tertinggi 3,80.
Dari hasil penelitian ini dapat membuktikan kebenaran hipotesis yang mengatakan: “Ada pengaruh yang signifikan antara motivasi dalam memilih program studi terhadap prestasi belajar mahasiswa di perguruan tinggi”. Hubungan tersebut adalah hubungan positif, artinya semakin tinggi motivasi dalam memilih program studi maka mahasiswa yang bersangkutan cenderung memiliki prestasi belajar yang baik.
ABSTRACT
Until this decade the effort to become the master which have achievement in Indonesia from year to year still experience of a lot of constraint. Walk to can to enter the lecture hall is not easy- evidence with still hard of emulation of since UMPTN, step to go out from gateway a college with have not bad achievement to experience of a lot of resistance too. A lot of barricade and problem which can discomfit reaching of high aspiration owned by all student since enter the college and effort to pass with the good achievement. But in fact after all much of difficulty and problem faced by the student when study, if they own the high motivation hence all the problem and difficulty can be overcome better. And surely motivation owned by the pertinent student have planted since early election the time register program study at college, perhaps will be more push to their achievement leam. This research aim to know the influence of motivation in chosen the program study to achievement learn student at STAIN Malang which now turn into the UIIS ( University of Islam Indonesia-Sudan).
This research use the quantitative approach. As for this research type represent the research corelational, by sampel is student STAIN/UIIS Malang semester two Generation Year 2001 as much 50 student from 10 program study. Intake sampel with the technique of purposive sampling, data collected through enquette Questionaire). To test the validity of data hence use technique of Product Moment from Pearson that later correlated with the technique of Part Whole with the level significant 5%. Test of data reliability use the technique Alpha from Cronbach and data analysed by Anava by using computer aid program the SPSS for Winndows release 10.
Pursuant to result of research and solution obtained the following conclusion: First, motivation of the student in chosening program study at STAIN Malang from 50 student of taken as sampel research, 21 student or 42% owning high motivation, 29 student or 58% owning medium motivation, and student pertained by low motivation null or 0%. Thereby motivate the student STAIN/UIIS Malang in chosening program study in high category and medium. Second, knowable student STAIN Malang achievement that as much 22 student or 44% owning achievement learn by called cumlaude, 20 student or 40% owning very good achievement, 8 student or 16% owning good achievement, while for the predicate of enough and not pass is null or 0% Seen from inferential above data that in general achievement learn the student STAIN Malang has predicate Very Whether. Third, influence motivate in chosening program study to achievement leam at STAIN Malang’s student own the very significant correlation, because less than p<0,01 by coefficient F=24,969. From inferential existing data that as much 21 student own the high motivation with the value of IP mean 3,5648, this IP is lowest from student group 3,10 and highest rp 3,80. As much 29 student own the medium motivation that assess the IP mean 3,2448, lowest IP from this student group 2,84 and highest IP 3,60 While for the student of owning low motivation is null. Thereby from knowable above statistic that student owning high motivation tend to to own the high IP, and so do on the contrary student owning motivation medium tend to own the medium IP. In general of achievement result of learning student STAIN/UIIS Malang in category predicate Very good, because IP mean from 50 student becoming research subject is 3,3792, with lowest IP 2,84 and highest IP 3,80
From this research result can prove the truth of hypothesis telling " There is influence which significant between the motivation in chosening program study to achievement learn student at college". The relation is positive relation, its meaning progressively higher motivation in chosening program study hence pertinent student tend to own the achievement learn good.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Mulyadi, Mulyadi |
Keywords: | Pengaruh Motivasi; Memilih Program Studi; Prestasi Belajar Influence Motivation; Chosening Program Study; Achievement Learn |
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 18:21 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 18:21 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/57062 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |