Maricha, Fatihatun (2002) Pengaruh Kreativitas Verbal terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas I Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
97490604.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Kreativitas merupakan hasil dari pemikiran yang divergen dan konvergen. Kreativitas dapat diciptakan sejak dini dan dapat muncul bila dirangsang dan dilatih. Kreativitas dipengaruhi oleh beberapa kondisi, yaitu waktu, kesempatan menyendiri, dorongan, sarana, lingkungan yang merangsang, hubungan orang tua dan anak yang tidak posesif, cara mendidik anak, dan kesempatan untuk memperoleh pengetahuan. Selain itu ada faktor-faktor tertentu yang bisa menentukan tingkat tinggi rendahnya kreativitas.
Belajar merupakan aktivitas yang melibatkan faktor intrinsik dan ekstrinsik. Kreativitas merupakan faktor intrinsik dari siswa yang selanjutnya akan menentukan hasil belajar. Dan salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar adalah kreativitas. Besar kecilnya kreativitas akan meningkatkan tinggi rendahnya prestasi. Jika seseorang mempunyai tingkat kreativitas yang tinggi, maka prestasi belajarnya pun akan cendetung tinggi, Karena aktivitas dalam kreativitas melibatkan kemampuan seseorang dalam menghasilkan komposisi baru atau memecahkan suatu masalah dengan mengeluarkan ide-ide atau gagasan-gagasan baru, yang mana hasil kreativitas akan membantu siswa untuk memperoleh prestasi yang tinggi. Tetapi walaupun begitu ada faktor-faktor lain yang bisa mempengaruhi tingkat prestasi belajar selain kreativitas. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara kreativitas terhadap prestasi belajar.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang bersifat eksplanatif. Penelitian ini dulakukan pada tanggal 7 Januari sampai 16 Februari 2002 terhadap 45 siswa kelas I di Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang. Metode pengumpulan datanya menggunakan dokumentasi dan tes. Sedangkan analisa datanya menggunakan analisis regresi.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan yaitu (F=12.041, P=0,002) atau Fhit (12.041) > Ftab (7.24) dengan taraf signifikan 1% dan sumbangan efektif kreativitas terhadap prestasi belajar sebesar 21.9%. Adapun tingkat kesalahan (p) sebesar 0.002. Hal ini berarti bahwa dari 45 siswa yang dijadikan sebagai responden sebagian prestasi belajar mereka dipengaruhi oleh kreativitas. Walaupun angka yang menunjukkan pengaruh tidak terlalu besar, namun kreativitas perlu mendapatkan perhatian yang cukup dalam tiap-tiap tahap perkembangan anak.
ABSTRACT
Creativity is the result of divergent and convergent thinking, creativity can created as early as possible and will grow by any condition like the time, opportunity to alone, suggestion, medium, circle, not possessive relation between parent’s and the son, method to educate the son and opportunity to get the knowledge.
Studying is activity, which involve intrinsic and extrinsic factor. Creativity is intrinsic factor from student, which will determine studying result. In addition, one of factor, which involves achievement of studying, is creativity. Great and small creativity will increase high or low of achievement. If some body has high creativity so, achievement of his studying will high too. Because activity in creativity involves talent to produce new composition to solving a problem with give new ideas or concepts. In which the result of creativity will help the student to get high achievement. Nevertheless, there is other factor, which can influence studying level achievement. So, this observation have purpose to know whether influence between creativity toward achievement to studying
This research is explorative qualitative. It done at 7th of January to 16 February 2002 to 24 students in MAN 3 Malang. The method of collecting data is using documentation and test. The analyze using regressive analysis
The result of this research show that there is significant influence that is (F= 12.014, p= 0.002) or F hit (12.04)>F tab (7.24) with significant level 1% and the contribution of effective achievement to achievement of study 21.9% with the falls level 0.002%. It means that the achievement of studying of 24 students respondents is influenced by creativity. Although the number that show the influence is not too much. However, creativity need enough attention in every grown of child.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Utami, Sri Weni and Purwaningtyas, Endah Kurniawati |
Keywords: | Kreativitas; Prestasi Belajar; Siswa Kelas I MAN 3 Malang Creativity; Achievement of Study; The First Class of MAN 3 Malang |
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 13:12 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 13:12 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/57051 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |