Mahbibah, Shofiatul (2002) Perbedaan Prestasi Belajar Mahasiswa Psikologi ditinjau dari motif memilih Jurusan Psikologi STAIN Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
97490354.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Motif seseorang sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar, karena dengan adanya motif tersebut individu akan mempunyai semangat untuk lebih meningkatkan belajarnya dan akan menghasilkan prestasi belajar yang baik. Kebanyakan motif intenial itu lebih baik dari pada motif ekstemal, karena dengan motif internal kecenderungan atau naluri untuk belajar timbul langsung pada dirinya sehingga bisa langsung mendapatkan apa yang diharapkan.
Metode penelitian yang digunakan adalah komparatif yaitu membedakan prestasi belajar yang ditinjau dari kecenderungan memilih motif internal dan motif ekstemal. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa psikologi STAIN Malang angkatan 97/98 sampai 2000/2001, sebanyak 285 orang sedangkan sampel yang digunakan adalah 71 orang, yang diambil dengan tehnik Stralijield Proportional Random Sampling. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi untuk mengetahui prestasi belajar melalui IPK dan metode angket untuk mengetahui motif memilih jurusan psikologi. Instrumen angket terdiri dari 52 butir item yang berbentuk dikotomi dengan alternatif jawaban "ya” dan “tidak”. Dan hasil perhitungan terhadap validitas menghasilkan 41 butir item yang valid dan 11 butir item yang gugur. Dan reliabilitas angket dengan menggunakan rumus alpha, diperoleh koefisien reliabilitas Tn sebesar 0,942.
Berdasarkan analisa data, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut : (1) Ada perbedaan prestasi belajar ditinjau dari motif memilih jurusan psikologi STAIN Malang dengan t-hitung = 2,807 > t-tabel : 2,000. (2) Prestasi belajar pada mahasiswa yang memiliki motif internal lebih baik daripada mahasiswa yang memiliki motif ekstemal dengan M-int=3,210 > M-eks = 2,992.
ABSTRACT
Motive of person most influence a learning advance, because of by that motive that person will have spirit to more increase in his learning which will result good learning advance. The mayority of that internal motive is better than external motive. It caused by tendency of internal motive or instinct to learn appear directly in his self, so he can get what he wants directly.
The research method used is comparative. It purposes to compare the learn advance observed from intenial and external motive. The population used in this research is whole students of psychology department of STAIN Malang in generation 97/98 until 00/01. It is 285 student. The sanple of the research is 7ا student, took by stratifield proportional random sampling method. Techniques of data collection is documentation to know the learning advance through IPK and questionnaire method to know motive in choosing psychology department. Questionnaire instalment consist of 52 items which are dichotomy with answer alterniatives “true" and “false”. The result of validity is 41 valid items and 11 items which are in valid. Reliability questionnaire uses alpha pattern. From it is gotten reliability coefisien r11= 0,942.
Based on data analisis the results of this research as the following : (1). There is difference of learning advance observed from choosing motive psychology department of STAIN Malang with !*account = 2,807 > t-table = 2,660. (2). The learning advance in STAIN students who have internal motive is better than the students who have external motive with mean internal = 3,210 > mean external = 2,992
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Ramli, Amir Hasan and Aziz, Rahmat |
Keywords: | Perbedaan; Prestasi Belajar; Motif Internal; Motif Ekstemal Difference; Learning achievement; Internal Motives; External Motives |
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 23 Oct 2023 11:20 |
Last Modified: | 23 Oct 2023 11:20 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/57026 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |