Munawaroh, Handariatul (2016) Implementasi relationship marketing dalam mempertahankan bisnis jasa pada PT. Citra Perdana Kendedes di Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12510137.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Relationship Marketing merupakan proses menciptakan, mempertahankan dan meningkatkan hubungan yang kuat dengan para pelanggan dan stakeholder lainnya. PT. Citra Perdana Kendedes merupakan perusahaan terbesar di malang raya. Dengan menerapkan sistem hubungan pemasaran yaitu membangun relasi dengan pihak instansi-instansi di kota malang. Bertujuan untuk mendapatkan pelanggan ataupun untuk mempertahankan bisnis perusahaan, namun sesuai data yang diperoleh, order dari pihak instansi yang bekerja sama hanya 4,27% dan sisanya 95,72% order dari pihak individu lain.
Penelitian ini fokus pada Implementasi Relationship Marketing Dalam Mempertahankan Bisnis Pada PT. Citra Perdana Kendedes Malang.Dengan menggunakan jenis penelitian Kualitatif deskriptif.Data-data yang dibutuhkan dalam penelitian didapatkan melalui wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa PT. Citra Perdana Kendedes Malang dalam hal mempertahankan bisnis perusahaan, PT. Citra Perdana Kendedes Malang menggunakan konsep orientasi jangka panjang, komitmen atau kepercayaan, mempertahankan pelanggan, dan komunikasi dua arah. Dari keempat aspek tersebut implementasi relationship marketing dapat mempertahankan bisnis PT. Citra Perdana Kendedes, sesuai dengan hasil dokumentasi rekap order yang bersifat fluktuatif. Data dokumentasi tersebut menunjukan bahwa perusahaan ini masih tetap bertahan hingga saat ini bahkan menjadi perusahaan taksi terbesar di kota Malang.
ENGLISH:
Relationship Marketingis a process of creating, maintaining and improving strong relationship with Customers and other stakeholders. PT. Citra Perdana Kendedes is the largest company inintire of Malang. By applying a system of relationship marketing that build relationship with the agencies in Malang city. It aims to get customers or maintain the company’s business, but the data obtained that the order from agencies which coorperated only 4,27% and remaining 95,72% of order from other other individual parties.
This study focused on the implementation of relationship marketing in maintaining the business on PT. Citra Perdana Kendedes Malang.By using descriptive qualitative research.The data in this study are obtained through interviews and documentation.
The results of this study can be concluded that PT. Citra Perdana Kendedes Malangin this case to maintain its business using the concept of long-term orientation, commitment of confidence, retain costumers, and two-way communication.Four aspects of the implementation of relationship marketing can maintain business of PT. Citra Perdana Kendedes, appropriate documentation results of recap order fluctuated. The documentation of the data showed that this company still survive till today even become the largest taxi company in Malang city.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Rozi, M. Fatkhur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Relationship Marketing; Mempertahankan; Bisnis jasa; Relationship Marketing; Maintaining; Services Business. | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Maryunani Maryunani | ||||||
Date Deposited: | 02 Mar 2017 10:24 | ||||||
Last Modified: | 02 Mar 2017 10:24 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5698 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |