Aynurido, Aynurido (2007) Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian air mineral bermutu: Studi pada mahasiswa-mahasiswi indekos di RT 04 RW 03 Kelurahan Ketawanggede Kec. Lowokwaru Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
03220008.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Iklim kompetisi yang semakin ketat di era globalisasi menuntut setiap perusahaai٦ untuk menggunakan secara optimal berbagai macam data dan informasi. Sebelum melakukan keputusan pembelian/ konsumen melihat dulu atribut dari produk yang ditawarkan. Atribut produk ini bisa berupa warna, kemasan, mutu, dan sebagainya. Seorang konsumen mungkin mengganggap rasa di air minum tertentu lebih enak dikonsumsi, namun seorang konsumen yang lain mengganggap bahwa air minum tersebut rasanya kurang bisa memberikan kepuasan pada mereka.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian air mineral bermutu, dengan menggunakan analisis regresi linear berganda yang diuji secara simultan (uji F) dan parsial (uji t). Penelitian ini menggunakan sampel 127 responden dan teknik pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi dan penyebaran kuesioner. Sedangkan pengujian instrumen menggunakan uji validitas reabilitas dan uji asumsi klasik.
Hasil penelitian dari uji secara simultan (uji F) memmjukkan bahwa variabel merek, kemasan dan label secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan perolehan nilai F hitung 15/168 > F tabel 2,44. disamping itu nilai Ajusted R Square sebesar 0,252 yang berarti besar pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah 25,2%. Sedangkan uji secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung 3,608 > t tabel 1,960, kemasan berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung 2,711 > t tabel 1,960) sedangkan label tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung 0,543 < t tabel 1,960. Oleh karena itu secara umum hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai pertimbangan dalam pengambilan keputusan bagi pengusaha air mineral.
ABSTRACT
Competition climate that is increasingly tight ii٦ globalization era claims every company to apply in an optimal fashion assorted data and information. Before doing purchasing decision, consumers see formerly attribute from a product offered. This product attribute can be in the form of color, package, quality, and so on. A possible consumer may consider that taste of certain drinking water is more delicious to be consumed, but another consumer considers that the taste of drinking water is less satisfied to them.
This research is quantitative desigii that has goal to know how big product attribute influences to die decision of buying type mineral wa ter, is used doubled linear regression analysis tested simultaneously ( test F) and partially ( test t). This research applies sample 127 respondents and technique of data collection with interview, documentation and distribution of questionaire. But testing of instrument applies reability and validity tests as well as classical assumption test.
The result of research from tests simultaneously ( test F) indicates that brand variable, packaging, and label later simultaneously influential to purchasing decision with acquirement of calculated F value 26,085 > table F 2,44. Besides, the value A justed R Square 0,443 means that the big of independent variable influences to dependent variables 44,3%. And testing partially ( test t) indicates tliat influential quality to purchasing decision with t value, calculated 5,777 > table 11,960, influential brand to purchasing decision with t value calculated 3,108 >' table t 1,960, the iiifluence of packaging to the purchasing decision with t value calculated 2,436 > table t 1,960 but tile label doesn’t have any effect to purchasing decision witli t value calculated 0,289 < table 11,960. Therefore, in general, the result of this research can be considered in decision making to mineral water entrepreneurs.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Masyhuri, Masyhuri |
Keywords: | Atribut Produk; Keputusan Pembelian; Product Attribute; Purchasing Decision |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 18 Oct 2023 14:09 |
Last Modified: | 18 Oct 2023 14:09 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56978 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |