Ningrum, Yanik Ristina (2007) Aplikasi Manajemen Kredit terhadap peningkatan Profitabilitas PT. BPR Hamindo Natamakmur Pare Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Full text)
03220007.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Akibat krisis moneter yang melanda Indonesia mengakibatkan sebagian dunia usaha di Indonesia hancur dan berdampak pada rendah dan hilangnya kemampuan mengembalikan pinjaman nasabah pada bank sesuai kesepakatan, yang akhirnya mengganggu likuiditas bank. Untuk itu Bank sebagai lembaga keuangan harus mampu untuk menciptakan sebuah manajemen yang mampu mengelola, menghimpun dan menyalurkan dana masyarakat secara efektif dan efisien ke arah peningkatan taraf hidup rakyat. Kredit yang diberikan PT. BPR Hamindo Natamakmur merupakan suatu investasi modal kerja yang memiliki risiko yang cukup tinggi. Untuk meminimalisir risiko tersebut, maka seharusnya Bank menerapkan manajemen kredit yang baik sehingga dengan kemampuan manajemen tersebut mampu memberikan keuntungan yang diharapkan dan dapat meningkatkan profitabilitas Bank.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan manajemen kredit yang dijalankan PT. BPR Hamindo Natamakmur, mendeskripsikan upaya-upaya yang diterapkan di PT. BPR Hamindo Natamakmur untuk meningkatkan profitabilitas melalui manajemen kredit dan mendeskripsikan manajemen kredit yang efektif dilihat dari rasio profitabilitas.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan analisis deskriptif. Data yang dikumpulkan adalah data primer dan sekunder, dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisa menggunakan tiga tahapan yaitu menganalisa manajemen kredit yang diterapkan oleh BPR Hamindo Natamakmur, menganalisa upaya-upaya yang dilakukan oleh manajemen dalam meningkatkan profitabilitas dan menganalisa laporan keuangan.
Dari hasil analisis diperoleh data bahwa manajemen yang digunakan BPR dalam mengelola kreditnya adalah manajemen kredit diantaranya yaitu perencanaan kredit, pengorganisasian, pelaksanaan kredit dan pengamanan kredit, upaya manajemen kredit yang dapat dilakukan BPR adalah memacu kredit yang disalurkan ke nasabah, penggunaan daftar analisa umur piutang, melakukan peringatan I, II dan III, melaksanakan penagihan langstmg dan mengadakan seleksi pada nasabah dengan penilaian, analisis 5C. Rasio profitabilitas dipero٩leh٢nilai٦talum 2004-sebes٢ 9%) dengan kemampuan menghasilkan laba sebesar 0,09, 2005 sebesar 5% dengan kemampuan menghasilkan laba sebesar 0/05 dan 2006 sebesar 3% dengan kemampuan menghasilkan laba sebesar 0/03. Sedangkan rasio profitabilitas modal sendiri diperoleh nilai tahun 2004 sebesar 166% dengan kemampuan menghasilkan laba atas modal sendiri sebesar 1,16, tahun 2005 sebesar 37% dengan kemampuan menghasilkan laba atas modal sendiri sebesar 0,37 dan tahun 2006 sebesar 65% dengan kemampuan menghasilkan laba atas modal sendiri sebesar 0,65.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Khasanah, Umrotul |
Keywords: | Manajemen Kredit; Profitabilitas |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 18 Oct 2023 14:09 |
Last Modified: | 18 Oct 2023 14:09 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56977 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |