Responsive Banner

Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian produk Meubel pada CV. Adi Guna Abadi Probolinggo

Utami, Norma (2007) Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian produk Meubel pada CV. Adi Guna Abadi Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Full text)
02220083.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK

Dalam era saat ini produk meubel merupakan produk yang banyak dikonsumsi masyarakat karena kebutuhan akan barang-barang tersier seperti meja, kursi, dll. Oleh karena itu produsen meubel makin menjamur perkembangannya sesuai dengan banyaknya permintaan masyarakat terhadap produk meubel. Dengan demikian persaingan antara produsen meubel sangat tinggi dalam merebut pangsa pasar konsumen. Dalam rangka merebut pangsa pasar konsumen produsen meubel memperhatikan atribut produk karena atribut produk merupakan unsur-unsur produk yang dianggap penting oleh konsumen dan dijadikan dasar pengambilan keputusan pembelian. Atribut produk merupakan pertimbangan logis yang dilakukan konsumen sebelum memutuskan untuk membeli produk.

Penelitian dilakukan pada perusahaan CV Adi Guna Abadi Probolinggo. Populasi penelitian adalah konsumen CV Adi Guna Abadi dan diambil sampel penelitian sebanyak 105 responden. Atribut produk yang digunakan dalam penelitian meliputi merek, kemasan, label, pelayanan, jaminan (garansi).

Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah Analisis Regresi Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variable atribut produk secara simultan berpengaruh signifikan dalam keputusan pembelian produk meubel dengan persamaan regresi adalah sebagai berikut: Y٥ -2.704 + 0.112 XI + 0.199 X2 + 0.241 X3 + 0.181 X4 + 0.443 X5. Apabila dianalisis secara parsial menghasilkan bahwa variable merek tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk meubel sedangkan variable kemasan, label, pelayanan dan jaminan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk meubel. Sedangkan atribut produk yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian adalah variable jaminan. Hubungan antara variable- variabel atribut produk dengan keputusan pembelian produk meubel adalah sangat kuat yaitu sebesar 87.9%. Sedangkan keragaman variable dependen yaitu keputusan pembelian produk meubel dapat dijelaskan oleh variable independen yaitu atribut produk dalam persamaan regresi adalah cukup besar yaitu 76.1%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Hasan, Irmayanti
Keywords: atribut produk; keputusan pembeli; meubel
Departement: Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen
Depositing User: Nada Auliya Sarasawitri
Date Deposited: 13 Oct 2023 09:53
Last Modified: 13 Oct 2023 09:53
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56909

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item