Wijayanti, Dyah Retno (2007) Pengaruh faktor eksternal dan internal terhadap pengambilan keputusan konsumen untuk menggunakan jasa Warung Internet (Warnet): Survei pada pengguna jasa Warnet Raya Dinoyo Net Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
02220076.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Perkembangan informasi yang cepat dan tepat saat ini menjadi kebutuhan yang sangat penting, salah-satunya adalah melalui media internet. Internet sebagai salah-satu media informasi yang dapat menyajikan beraneka ragam informasi dengan cepat, selain itu internet juga mampu menyajikan sarana dalam mendapatkan hiburan, kegiatan bisnis, promosi, iklan, mencari data atau berhubungan dengan orang maupun lembaga sebagai sarana komunikasi. Raya Dinoyo Net Malang merupakan bidang usaha yang bergerak di bidang informasi dan komunikiasi yang menyediakan jasa layanan internet
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan klausal antara faktor eksternal, internal dan keputusan konsumen melalui pengujian hipotesis. Teknik analisis data yang digunakan yakni (1) uji validitas dan reabilitas dari item-item kuesioner, (2) Uji regresi linier berganda. Kemudian model regresi tersebut dilakukan pengujian hipotesis yakni secara simultan (uji F), secara parsial (uji t) dan variabel yang dominan.
Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh bahwa secara simultan variabel faktor eksternal dan internal mempunyai pengaruh yang cukup nyata yakni sebesar 10,841. Namun apabila dilihat dari Ajusted R square maka variabel faktor eksternal dan internal mempunyai pengaruh yang lemah terhadap keputusan konsumen yakni sebesar 47,2%. Sedangkan, berdasarkan uji t (secara parsial) komponen variabel faktor eksternal dan internal yang mempengaruhi keputusan konsumen ٠lah Kebudayaan, kelompok referensi, pengalaman belajar, dan sikap dan yang tidak mempengaruhi keputusan konsumen adalah kelas sosial, keluarga, kepribadian, motivasi dan persepsi. Dilihat dari koefisien regresi B maka dapat disimpulkan bahwa komponen variabel faktor eksternal dan internal yang dominan mempengaruhi keputusan konsumen adalah variabel sikap yakni sebesar 1,158.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Masyhuri, Masyhuri |
Keywords: | Pengaruh Faktor Eksternal; Internal; keputusan konsumen |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 13 Oct 2023 09:53 |
Last Modified: | 13 Oct 2023 09:53 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56907 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |