Responsive Banner

Responsi Wisatawan terhadap pemilihan obyek wisata pemandian air panas Cangar: Suatu analisis dengan pendekatan Logit model

Mubarok, Khamim (2007) Responsi Wisatawan terhadap pemilihan obyek wisata pemandian air panas Cangar: Suatu analisis dengan pendekatan Logit model. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Full text)
02220073.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK

Salah satu objek wisata Kota Batu yang banyak didatangi oleh pengunjung (wisatawan) adalah obyek wisata pemandian air panas Cangar yang terletak di sebelah utara kota Batu. Walaupun terletak di daerah perbatasan antara Batu dengan Kab. Mojokerto obyek wisata air panas Cangar terus mengalami peningkatan jumlah pengunjung sekitar kurang lebih 10.000 wisatawan per tahun. Sebagai obyek wisata unggulan, tentunya banyak wisatawan baik dari wilayah setempat sampai dengan manca negara yang memilih Cangar sebagai tempat pilihan peristirahatan sejenak untuk menghilangkan lelah dan untuk melepas beban rutinitas sehari-hari. Karena itu, faktor-faktor yang mempunyai peluang mempengaruhi wisatawan untuk memilih obyek wisata pemandian air panas Cangar sebagai tujuan, sangat menarik untuk diteliti.

Tujuan diadakannya penelitian ini adalah 1) Mengungkap faktor- faktor yang mempunyai peluang pengarah tingkat responsi wisatawan. 2) Mendeskripsikan perencanaan pengelolaan obyek wisata. Sedangkan metode analisis yang dipakai untuk menjawab tujuan diatas adalah metode logit model.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Faktor pertama adalah faktor Persepsi yang mempunyai peluang mempengaruhi wisatawan dalam merespon untuk datang ke obyek wisata pemandian air panas Cangar, hal ini disebabkan karena Cangar merupakan salah satu obyek yang terkenal karena potensi alam air panasnya. Yang kedua adalah faktor Motivasi, karena rata-rata wisatawan disamping berekreasi mereka juga termotivasi untuk mandi air panas Cangar yang dianggap dapat menyembuhkan penyakit kulit Yang ketiga adalah faktor Partisipant, ini disebabkan karena keramahan dan keakraban para pegawai sehingga para wisatawan merasa betah dan senang berkunjung ke Cangar. 2) Perencanaan dan pengelolaan obyek wisata dilakukan dengan cara mengadakan perbaikan-perbaikan sarana umum, mulai dari jalan, ruang ganti, parkir dan sarana umum lainnya. Serta pihak pengelola akan mengadakan promosi agar Cangar lebih dikenal oleh masyarakat Atas dasar itu disarankan agar pihak pengelola dapat membuat strategi yang tepat, salah satunya adalah dengan cara bekerjasama dengan pihak swasta yang profesional baik dalam hal pengelolaan maupun promosi.

ABSTRACT

One of the tourist resorts in Batu city which is visited by many visitors (wisatawan) is hot spring water of Cangar which is located in northside of Batu city. Although located in the borderland between Batu city and kab. Mojokerto, the number of visitors has been increasing annually, with appoximately 10.000 visitors per year. As excellent tourist resort, many tourist from local region to international tourist choose Cangar as a place to relieve fatigue and to release burden of rutinity. Because of the above backgrounds, the factors that influence visitors to choose tourist resort of hot spring water Cangar as destination is very interesting to reseach.

The objective are 1) To Reveal factors that have opportunity influence level of visitors respons. 2) To describe the plan of tourist resort management While the method of analysis which is used to answer the objective above is Logit model.

The result of research indicates that 1) The first factor is Perception factor which has opportunity to influence visitors to come to Cangar, due to its natural hot spring water. The second, is Motivating factor, in the fact that the visitors believe that hot spring water can heal skin disease. Third factor is Participant, friendliness and sociability of employees, so all visitors feel to enjoy staying and feel happy to visit Cangar. 2) The Plan and management of tourist resort through the improvement of public utilities, start from road, change room, park and other public utulities. The organizers also will do promotion, with the program, Cangar can be more familiar for society. With all of the assumption, the organizers of Cangar are suggested to make correct strategy, such as making cooperation with private professional in running promotion.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Masyhuri, Masyhuri
Keywords: Responsi; Wisatawan; Obyek Wisata; Respons; Tourist; Tourist resort
Departement: Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen
Depositing User: Nada Auliya Sarasawitri
Date Deposited: 13 Oct 2023 09:53
Last Modified: 13 Oct 2023 09:53
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56906

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item