Pengaruh city branding “Shining Batu” terhadap keputusan berkunjung wisatawan Kota Batu Jawa Timur

Fikri, M. Kanzul Fikri (2016) Pengaruh city branding “Shining Batu” terhadap keputusan berkunjung wisatawan Kota Batu Jawa Timur. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
12510031.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

City Branding sebagai suatu konsep baru dalam membangun perkembangan pariwisata dan meningkatkan pendapatan suatu daerah. Indonesia sebagai Negara kepulauan yang memiliki potensi alam dan budaya, harus dapat beradaptasi dan siap untuk mengembangkan potensi wisatanya dengan konsep city branding, sehingga pemerinah dapat mempromosikan potensi pariwisatanya. Keuntungan yang didapat ketika sebuah kotta melakukan city branding yaitu kota tersebut bisa dikenal luas, mempunyai tujuan khusus, mampu menghadirkan investasi, menguatkan tujuan wisata, tempat tinggal, dan event-event serta mampu meraih persepsi-persepsi positif. Oleh karena itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh city branding terhadap keputusan berkunjung secara simultan dan parsial.

Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan statistik yang menggunakan alat analisis regresi linier berganda, pengujian signifikan simultan dan pengujian signifikan parsial. Pengerjaan metode analisis data menggunakan bantuan SPSS 16.0 for Windows®. Data yang digunakan adalah data primer. Penelitian ini menggunakan 115 responden sebagai sampel penelitian.

Hasil penelitian berdasarkan analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel city branding berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan Kota Batu. Dari hasil regresi linier berganda dapat diketahui bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Atau dapat dikatakan bahwa variabel independent berpengaruh nyata secara bersama-sama (simultan) terhadap variabel dependent. Variabel potential, pulse, dan prerequisite masing-masing mempunyai pengaruh terhadap keputusan berkunjung wisatawan Kota Batu. Sedangkan 3 variabel lainnya yaitu presence, place, dan people masing-masing menunjukkan hasil tidak berpengaruh terhadap keputusan berkunjung wisatawan Kota Batu.

ENGLISH:

City Branding is a new concept in developing tourism and increasing income of a region. Indonesia as an archipelago country rich of natural and cultural potential shall be able to adapt and be ready to develop its tourism potential using the concept of city branding in order to promote the tourism potential. The benefits a city can get from City Branding are the city can be widely-known, have specific objective, attract investment, strengthen the objective of tourism, residence, and events as well as gain positive perception. Therefore, this research is aimed at finding the influence of city branding towards a decision to visit both simultaneously and partially.

The methods of analysis used are descriptive and statistics using multiple linear regession analysis, simultaneous significance testing and partial significance testing. The method of data analysis was using SPSS 16.0 for Windows®. The data used are primary and secondary data. This research uses 115 respondents as research sample.

The research result based on multiple linear regession analysis shows that city branding variables significantly influence tourists’ decision to visit Batu City. The result of multiple linear regression reveals that siginificance value is 0,000 < 0,05 which means that Ho is rejected and Ha is accepted. In other words, it can be said that independent variable clearly influences the dependent variable in simultneous way. Each of potential, pulse, and prerequisite variable influence tourists’ decision to visit Batu City, while the other three variables, namely presence, place, and people show no influence towards tourists’ decision to visit Batu City.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Al-Idrus, Salim
Keywords: City Branding; Keputusan Berkunjung; City Branding; Decision to Visit
Departement: Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen
Depositing User: Maryunani Maryunani
Date Deposited: 02 Mar 2017 03:43
Last Modified: 02 Mar 2017 03:43
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5688

Actions (login required)

View Item View Item