Makrub, Ahmad (2005) Faktor-Faktor Bauran Pemasaran yang mempengaruhi keputusan Konsumen berlangganan Harian Jawa Pos: Studi pada Pelanggan Harian Jawa Pos Kecamatan Klojen. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
99220869.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Proses keputusan konsumen sampai pada tahap tindakan pembelian banyak dipengaruhi oleh faktor-faktor tertentu, dari faktor psikologis (individu) sampai dengan faktor lingkungan. Faktor-faktor tersebut memiliki dimensi yang luas untuk setiap orang, artinya tingkat pengaruh masing-masing faktor untuk setiap orang berbeda antara yang satu dengan lainnya. Bagi perusahaan, faktor yang dapat dikendalikan untuk mempengaruhi proses keputusan konsumen adalah melalui bauran pemasaran (marketing mix) yang baik dan terkendali. Untuk melaksanakannya, perlu suatu kajian dan penelitian yang mendalam mengenai perilaku konsumen dilihat dari dimensi bauran pemasaran. Bauran pemasaran memiliki peranan yang besar bagi konsumen untuk menentukan tindakannya dalam proses pengambilan keputusan dalam penentuan produk yang akan dikonsumsinya
Penelitian ini bertujuan untuk melihat komponen-komponen dari bauran pemasaran (produk, harga, promosi dan saluran distribusi) berpengaruh terhadap keputusan masyarakat yang berlangganan harian pagi Jawa Pos di wilayah Kecamatan Klojen Malang. Disamping itu juga untuk mengetahui variabel manakah yang dominan mempengaruhi pertimbangan konsumen untuk memilih berlangganan harian pagi Jawa Post.
Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder dengan mengambil lokasi penelitian di wilayah Kecamatan Klojen Malang. Adapun teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan kuisioner, interview dan studi pustaka. Populasi dari penelitian ini adalah masyarakat atau penduduk kota Malang yang berdomisili di wilayah Kecamatan Klojen dan setiap hari menjadi pelanggan setia Jawa Pos, sedangkan sampelnya sampai 100 responden. Penelitian ini merupakan suatu analisis hubungan kausalitas antara variabel Produk (X1), Harga (X2), Promosi (X3), dan Saluran Distribusi (X4) yang masing-masing variabel bersifat dependent (bebas) dengan variabel Kuputusan Konsumen (Y) sebagai variabel dependents)ari variabel- variabel independen yang berupa produk nilainya (t) sebesar (X1 = 2,120), harga (X2 =1,683), promosi (X3 = -1.649), dan saluran distribusi (X4= 6,420). Untuk uji F (secara serentak) diperoleh nilai sebesar (F = 36,082).Variabel-variabel Produk, Harga, Promosi, dan Saluran Distribusi akan dianalisis melalui model persamaan regresi, korelasi, yang tertunyajuga menggunakan pengujian secara parsial (t) dan pengujian secara serentak (F). Analisis ini dapat dipergunakan untuk mengetahui variabel-variabel bauran pemasaran yang dominan terhadap keputusan konsumen berlangganan harian pagi Jawa Pos. Dari metode pengujian tersebut dapat diambil kesimpulan variabel saluran distribusi merupakan variabel yang dominan mempengaruhi keputusan konsumen berlangganan harian pagi Jawa Pos.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Alamsyah, Ahmad Fahrudin |
Keywords: | Bauran Pemasaran; Keputusan Konsumen |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 09 Oct 2023 14:25 |
Last Modified: | 09 Oct 2023 14:25 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56769 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |