Responsive Banner

Pengaruh strategi marketing mix terhadap peningkatan volume penjualan pada PT. Gandum-Malang

Miftahurrahman, Miftahurrahman (2006) Pengaruh strategi marketing mix terhadap peningkatan volume penjualan pada PT. Gandum-Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
99220225.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK

Istilah “peningkatan volume penjualan” sudah menjadi bagian penting dalam misi dan tujuan suatu perusahaan yang berorientasi pada laba. Oleh karena itu setiap perusaliaan akan senantiasa berlomba-lomba mencari sutu strategi dalam upaya meningkatkan voltnne penjualan. Dalam hal ini sebuah perusahaan dapat menjadikan bauran pemasaran (marketing mix) yang terdiri dari empat unsur yakni produk, harga, saluran distribusi, dan promosi sebagai strategi pokok dalam pelaksanaan strategi pemasaan yang epektif.

Penelitian ini mengambil jumlah sampel sebanyak 100 respnden. Yang bertujuan untuk mengetahui apakah pelaksanaan unsur-unsur bauran pemasaran (marketing mixو produk, harga, saluran distiribusi, dan promosi. Yang di lakukan perusaliaan rokok Gandum-Malang memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan volume penjualan. Sebuah perumusan masalah dalam hipotesis akan diuji kebenarannya dengan perhitungan statistik secara simultan (uji F) dan secara parsial (uji T), sedangkan untuk keperluan pengolahan dan analisis data di gtmakan metode analisis regresi berganda.

Dari hasil analisa data, diperoleh bebrapa kesimpulan yaitu hasil perhitungan uji hipotesis secara simultan (uji F) diketahui bahwa variabel produk (Xi), harga (X2), Pomosi X), dan distiribusi/penyaluran (هل) seara bersama-sama dapat meberikan pengaruh terhadap peningkatan volume penjualandi maa nilai F hitung adalah sebesar 45.268. sedangkan hasil perhitungan uji hipotesis secara parsial (uji t) diketahui bahwa variabel produk (Xi) sebesar 2,374. Variabel harga (X2) -2.032. Variabel promosi X) 1,081. danvariable distiribusi/penyaluran X) 4,777. Dan dari perhitungan regresi linier berganda diketahui bahwa esamya nilai R (R Square) adalah sebesar 0,656. memberikan makna bahwa proporsi keragaman dalam peningkatan vokune penjualan (٧) yang dijelaskan oleh keempat variabel bebas di dalam model regesi adalah.sebesar 65.6/٥0. dan secara individu diketahui bahwa vaiabel produk (X,) meberika pengaruh sebesar 0.218 (21.8%), variabel harga (X2) memberikan pengaruh sebesar -0.198, variabel promosi (٨3) memberikan pengaruh sebesar 0.102 (10.2%), dan variabel distribusi (هل) memberikan pengaruh sebesar 0.270 (27.0%).

Dalam konteks hasil penelitian ini secara umum dapat disimpulkan bahwa variable-variabel marketing mix dapat berpengaruh terhadaap peningkatan volume penjualan. Dengan demikian dapat disarankan kepada PT. Gandum-Malang agar tetap memperhatikan unsur-unsur marketing mix terutama dalam pendistribusian karena variabel ini mempunyai pengaruh yang dominan dibandingkan dengan promosi, harga, dan produk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Yunus, Jamal Lulail
Keywords: strategi marketing mix; peningkatan volume penjualan
Departement: Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen
Depositing User: Adi Sucipto
Date Deposited: 09 Oct 2023 14:23
Last Modified: 09 Oct 2023 14:23
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56750

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item