Rohmawati, Hilda (2005) Faktor-Faktor yang mempengaruhi penetapan Harga Jual Keramik Hias pada Pedagang Keramik Dinoyo Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
01220075.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Menetapkan harga jual suatu produk bukanlah hal yang mudah bagi perusahaan karena kalau tidak hati-hati perusahaan dalam menetapkannya akan berakibat berkurangnya atau bahkan kerugian bagi perusahaan, penetapan harga yang sesuai juga sangat menentukan keberhasilan perusahaan dalam persaingan. Dalam menetapkan harga banyak faktor yang harus dipertimbangkan baik itu faktor dari dalam perusahaan maupun lingkungan. Oleh karena itu sebelum perusahaan menetapkan harga, perusahaan perlu mengkaji terlebih dahulu faktor-faktor tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan pengaruh masing-masing faktor kondisi perekonomian (X1), penawaran dan permintaan (X2), tujuan perusahaan (X3), persaingan (X4), biaya (X5), elastisitas permintaan (X6) dan pengawasan pemerintah (X7) terhadap penetapan harga (Y) secara individu maupun bersama-sama. Dan untuk mengetahui faktor mana yang paling besar hubungan pengaruhnya terhadap penetapan harga. Untuk dapat mencapai tujuan tersebut diperlukan suatu alat untuk mencapainya. Dalam hal ini peneliti menggunakan alat analisis korelasi-regresi berganda. Sedangkan pengujian hipotesa dengan menggunakan uji t (uji parsial) yaitu dengan membandingkan hasil t hitung dengan t table untuk mengetahui hubungan secara individu dan mengetahui hubungan secara bersama-sama dengan menggunakan uji F (uji simultan) dengan membandingkan hasil F hitung dengan F tabel.
Berdasarkan hasil analisis dengan metode korelasi-regresi berganda diperoleh kesimpulan bahwa secara bersama-sama (simultan) faktor kondisi perekonomian (X1), penawaran dan permintaan (X2), tujuan perusahaan (X3), persaingan (X4), biaya (X5), elastisitas permintaan (X6) dan pengawasan pemerintah (X7) memiliki pengaruh dan hubungan yang signifikan terhadap penetapan harga jual keramik, sedangkan secara individu (parsial) faktor pengawasan dan permintaan (X2), persaingan (X4) dan faktor biaya (X5) memiliki pengaruh dan hubungan yang signifikan. Sedangkan faktor yang lain tidak memiliki pengaruh dan hubungan yang signifikan terhadap penetapan harga jual keramik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Al Idrus, Salim |
Keywords: | Penetapan Harga Jual |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 06 Oct 2023 10:30 |
Last Modified: | 06 Oct 2023 10:30 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56704 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |