Responsive Banner

Pengaruh Dimensi Kualitas Produk terhadap keputusan Pembelian Telepon Selular Nokia: Survei pada pengguna Telepon Seluler Nokia di Universitas Islam Negeri Malang

Zahro, Fatimatuz (2005) Pengaruh Dimensi Kualitas Produk terhadap keputusan Pembelian Telepon Selular Nokia: Survei pada pengguna Telepon Seluler Nokia di Universitas Islam Negeri Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
01220069.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK

Dimensi kualitas produk merupakan salah satu alat penempatan pemasaran yang penting, karena dimensi kualitas produk mewakili angka kemampuan merek untuk menempatkan fungsinya serta mampu menanamkan nilai ke dalam benak konsumen tentang handal atau tidaknya suatu produk, dan sifat khas kualitas suatu produk yang handal harus mempunyai multi dimensi karena harus memberi kepuasan dan nilai manfaat yang besar bagi konsumen. Oleh karena itu, sebaiknya setiap produk selain harus mempunyai ukuran yang bersifat kuantitatif tetapi juga harus mempunyai ukuran yang bersifat kualitatif. Adapun dimensi-dimensi kualitas produk meliputi: kinerja, karakteristik produk, kesesuaian dengan spesifikasi kehandalan, ketahanan dan pelayanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari dimensi kualitas produk terhadap keputusan pembelian telepon seluler (ponsel) Nokia, serta untuk mengetahui variabel dimensi kualitas produk yang dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian ponsel Nokia di Universitas Islam Negeri Malang.

Jenis penelitian ini adalah penelitian explanatory yaitu Penelitian yang ditujukan untuk menjelaskan hubungan kausal antara varibel- variabel melalui pengujian hipotesis, yakni variabel dalam konsep dimensi kualitas produk yang meliputi kinerja, karakteristik produk, kesesuaian dengan spesifikasi/ kehandalan ketahanan dan pelayanan terhadap variabel keputusan pembelian ponsel Nokia dalam konsep keputusan pembelian. Tehnik pengambilan sampel adalah accidental sampling dan instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Metode analisa yang digunakan adalah metode regresi linier berganda dengan tingkat signifikansi 0,05.

Dari hasil analisa metode tersebut, diketahui bahwa secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara kinerja, karakteristik produk, kesesuaian dengan spesifikasi, kehandalan, ketahanan dan pelayanan terhadap keputusan pembelian ponsel Nokia di Universitas Islam Negeri Malang, yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung sebesar 32,768 > Ftabel (2,17) dengan probabilitas sebesar 0,00 < 0,05. Sedangkan secara parsial diketahui bahwa variabel kinerja mempunyai pengaruh yang dominan terhadap variabel keputusan pembelian ponsel Nokia di Universitas Islam Negeri Malang dengan nilai thitung, sebesar 5,883 > nilai tabel sebesar 1,98 hal ini dikarenakan pada umumnya konsumen di Universitas Islam Negeri Malang dalam menkonsumsi ponsel Nokia lebih cenderung membeli karena faktor dimensi kinerja yang terkandung di dalamnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Slamet, Slamet
Keywords: Dimensi Kualitas Produk; Keputusan Pembelian
Departement: Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen
Depositing User: Moch. Nanda Indra Lexmana
Date Deposited: 06 Oct 2023 10:30
Last Modified: 06 Oct 2023 10:30
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56701

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item