Astamti, Cucu Dwi (2005) Pengaruh pemilihan Lokasi Usaha terhadap Penjualan: Studi kasus pada Pedagang Kaki Lima di Daerah Pariwisata Sarangan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
01220068.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini mengambil judul Pengaruh Pemilihan Lokasi Usaha Terhadap Penjualan (Pada Pedagang Kaki Lima Di Daerah Pariwisata Sarangan) Jenis penelitian ini adalah explanatory (penjelasan). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemudahan untuk dilihat(Xl), kemudahan untuk dijangkau(X2), kesesuaian dengan sarana jual(X3) dan situasi lokasi usaha(X4) berpengaruh terhadap realisasi penjualan baik secara simultan maupun parsial, dan untuk mengetahui variabel manakah dari keempat variabel diatas yang memiliki pengaruh dominan terhadap realisasi penjualan.
Penelitian ini menggunakan penjualan (Y) sebagai variabel dependennya dengan indikator tingkat ketepatan usaha, tingkat kemudahan lokasi, macam-macam alat jual dan tingkat keamanan. Sedangkan variabel independennya adalah kemudahan untuk dilihat (XI), kemudahan untuk dijangkau (X2), kesesuaian dengan sarana jual (X3) dan situasi lokasi usaha (X4). Pengaruh pemilihan lokasi usaha terhadap penjualan menggunakan metode regresi linier berganda.
Dari berbagai analisis dan pengujian yang telah dilakukan, ternyata keempat variabel independen yaitu kemudahan untuk dilihat (XI) kemudahan untuk dijangkau (X2), kesesuaian dengan sarana jual (X3) dan situasi lokasi usaha (X4) pengaruh secara simultan terhadap realisasi penjualan dengan f hitung sebesar 48,440 dan probabilitas 0,000. Adapun secara parsial, variabel kemudahan untuk dilihat (6,060), variabel kemudahan untuk dijangkau (4,178), variabel kesesuaian dengan sarana jual (0,776) dan variabel situasi lokasi usaha (-1,109) menunjukkan bahwa secara parsial masing-masing variabel berpengaruh signifikan terhadap realisasi penjualan(Y)
Kemudian jika dilihat dari segi dominasi pengaruh terhadap realisasi penjualan ditunjukkan dengan cara melihat nilai Standarized Coefficients Beta masing-masing variabel, yang paling besar nilainya berarti memiliki pengaruh dominan terhadap realisasi penjualan, kemudahan untuk dilihat (0,789) merupakan variatel yang paling dominan, kemudian variabel kemudahan untuk dijangkau (0,330)) lalu disusul oleh variabel kesesuaian dengan sarana jual (0,064) dan terakhir yang pengaruhnya paling lemah adalah variabel situasi lokasi usaha (0,160). Hal ini dapat diartikan bahwa variabel situasi lokasi usaha tersebut sangat kecil pengaruhnya. Dan kesemua pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan alat bantu SPSS for Windows versi 11.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Nurdiana, Ilfi |
Keywords: | Pemilihan Lokasi Usaha; Penjualan; Pedagang Kaki Lima; Daerah Pariwisata Sarangan |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 06 Oct 2023 10:30 |
Last Modified: | 06 Oct 2023 10:30 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56700 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |