Fathani, Lilik (2006) Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada lima merek cengkeh atau bumbu rokok di wilayah Jember: Studi pada PT Lima Jaya Tunggal Tegal Besar Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
02220064.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Suatu perusahan bagaimanapun bentuknya, besar maupun kecil menginginkan dan berusaha untuk meningkatkan produk di pasar agar target yang telah ditetapkan dapat tercapai. Suatu pasar saat ini menunjukkan tingkat persaingan yang tinggi. Kondisi ini disebabkan oleh banyak peerusahaan yang memproduksi barang yang sama. Dengan kondisi yang seperti ini agar suatu perusahaan dapat bertahan dalam bisnisnya maka suatu perusahaan harus membuat strategi agar barang yang diproduksikan itu selalu menjadi pilihan konsumen yang salah satunya adalah adalah strategi pengembangan merek. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pengaruh atribut produk (harga, aroma, warna ,mutu, kemasan, label) terhadap keputusan pembelian konsumen pada lima merek cengkeh rajangan, dan diantra indikator- indikator atribut produk (harga, aroma, warna ,mutu, kemasan, label) mana yang paling dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian konsumen pada lima merek cengkeh rajangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut produk (harga, aroma, warna ,mutu, kemasan, label) terhadap keputusan pembelian konsumen pada lima merek cengkeh rajangan dan untuk mengetahui indikator-indikator atribut produk (harga, aroma, warna ,mutu, kemasan, label) mana yang paling dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian konsumen pada lima merek cengkeh rajangan.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan dua variabel yaitu variabel terikat dan variabel bebas. Diantaranya pengaruh atribut produk variabel bebas terhadap keputusan pembelian konsumen variabel terikatadapun pendekatan yang digunakan adalah penelitian dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan angket.kerena penelitian ini sampel yang digunkan adalah 76 sedangakan untuk menganalisis data menggunakan analisis regresi dan Merek Bintang pada analisis parsial (Uji T) menunjukkan bahwa secara parsial variabel-variabel atribut produk yang paling dominan mempengaruhi variabel keputusan pembelian ditunjukkan oleh variabel MUTU yaitu 2.774 nilai T hitung > T tabel. Merek Keris pada analisis parsial (Uji T) menunjukkan bahwa secara parsial variabel-variabel atribut produk yang paling dominan mempengaruhi variabel keputusan pembelian ditunjukkan oleh variabel MUTU yaitu 2.649 nilai T hitung > T tabel. Merek Dokar pada analisis parsial (Uji T) menunjukkan bahwa secara parsial variabel-variabel atribut produk yang paling dominan mempengaruhi variabel keputusan pembelian ditunjukkan oleh variabel LABEL yaitu 3.303 nilai T hitung > T tabel. Merek Helikopter pada analisis parsial (ازلا T) menunjukkan bahwa secara parsial variabel-variabel atribut produk yang paling dominan mempengaruhi variabel keputusan pembelian ditunjukkan oleh variabel LABEL yaitu 4.456 nilai T hitung > T tabel. Merek Burung pada analisis parsial (ازتا T) menunjukkan bahwa secara parsial variabel-variabel atribut produk yang paling dominan mempengaruhi variabel keputusan pembelian ditunjukkan oleh variabel LABEL yaitu 2.992 nilai T hitung > T tabel. Dan Uji F dimana atribut produk (Harga, Aroma, Mutu, Kemasan, Label) berpengaruh secara serempak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Yuliana, Indah |
Keywords: | pengaruh atribut produk; keputusan pembelian; lima merek cengkeh |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Adi Sucipto |
Date Deposited: | 06 Oct 2023 10:16 |
Last Modified: | 06 Oct 2023 10:16 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56696 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |