Yuliana, Yuliana (2005) Analisa strategi pada Bank Syariah sebagai dasar pengambilan Kebijakan Bisnis: Studi kasus pada PT. BNI (Pesero) Tbk Kantor Cabang Syarlah Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
01220063.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh gerakan perbankan syariah masih lemah, maka diperlukan adanya penggalakan perbankan syariah agar prinsip syariahnya lebih dipahami oleh masyarakat dan produk-produknya lebih dikenal. Hal ini didukung oleh perkembangan perbankan syariah di Indonesia yang merupakan suatu perwujudan dari permintaan masyarakat yang membutuhkan suatu sistem perbankan alternatif yang selain menyediakan jasa perbankan (keuangan) yang sehat, juga memenuhi prinsip-prinsip syariah. Strategi pengembangan produk adalah salah satu kunci untuk mengembangkan bisnis syariah. Tujuan penggalakan perbankan syariah agar prinsipnya lebih dipahami oleh masyarakat dan produk-produknya lebih dikenal sehingga masyarakat dapat membedakan antara produk bank syariah dengan produk bank umum.
Sebagai penelitan diskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus, skripsi ini menjelaskan dasar teori perencanaan strategik dalam sistem manajemen strategik. Variabel penelitian yang dipilih yaitu proses perencanaan strategi dan pemilihan strategi yang tepat untuk diterapkan di PT. BNI Tbk Kantor Cabang Syariah Malang. Alat analisis yang digunakan adalah analisis ETOP, SAP dan SWOT, selain alat analisis rasio Liquiditas, Leverage, dan Rasio Profitabilitas. Jenis data yang diperoleh berasal dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui pengamatan kegiatan operasional serta wawancara, sedangkan data sekunder berasal dari dokumentasi perusahaan.
Hasil analisis menunjukkan, berdasarkan pada analisis-analisis yang telah dilakukan baik itu analisis ETOP dan SAP yang kemudian menjadi masukan bagi analisis SWOT bahwa strategi yang tepat untuk dasar pengambilan kebijakan bisnis PT. BNI Tbk Kantor Cabang Syariah Malang pada saat ini adalah strategi pengembangan produk dan penetrasi pasar. Alasan yang mendasarinya karena banyaknya peluang untuk meningkatkan kinerja PT. BNI Syariah terutama melalui perluasan pangsa pasar melalui peningkatan promosi dengan menciptakan produk-produk berdasarkan prinsip-prinsip syariah yang beragam dan manarik untuk menggaet pasar guna perluasan jaringan pelayanan perbankkan syariah berupa kantor cabang, kantor cabang pembantu, kantor kas untuk memudahkan jangkauan pasarnya. Sedangkan penekanan pengembangan produk dirasa perlu karena perubahan-perubahan dalam dunia perbankan membuat sifat produk cepat usang, pengembangan produk yang berkualitas harus terus dilakukan agar dapat meningkatkan usaha penjualan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Usri, Abdul Kadir |
Keywords: | Strategi; Kebijakan Bisnis; Bank Syariah |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 06 Oct 2023 10:29 |
Last Modified: | 06 Oct 2023 10:29 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56693 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |