Fatimah, Siti (2006) Pengaruh bauran pemasaran (marketing mix) terhadap pengambilan keputusan pembelian di Swalayan Aneka Usaha Gondanglegi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
02220054.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Setiap konsumen lebih menyukai pedagang eceran tertentu, sayangnya hal ini kurang diperhatikan oleh pedagang eceran. Banyak sekali pedagang yang gagal di awal usahanya, karena mereka banyak yang beranggapan cukup menyewa toko, dan pembeli akan berdatangan. Hal ini merupakan pendapat yang salah. Untuk menghindari nasib demikian dan memenangkan persaingan, pengusaha harus memperhatikan apa yang dibutuhkan konsumen yakni dengan menerapkan bauran pemasaran untuk mendapatkan tanggapan yang diinginkan di pasar sasaran mereka.. Bauran pemasaran (marketing mix) adalah seperangkat alat pemasaran yang dikendalikan perusahaan untuk terus menerus mencapai tujuan pemasarannya di pasar sasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel bauran pemasaran yang di antaranya produk, harga, promosi dan tempat secara parsial dan simultan mempengaruhi konsumen terhadap keputusan pembelian. Disamping itu juga untuk mengetahui variabel manakah yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatory yaitu analisa untuk menguji hipotesis bahwa ada pengaruh yang signifikan secara bersama- sama antara variabel bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling non probability sampling dengan cara purposive sampel. Metode analisa yang digunakan adalah metode regresi linear berganda dengan tingkat signifikan 0,05 yang diolah dengan SPSS 12,0 Jbr Windows.
Dari hasil analisa dengan metode tersebut diketahui bahwa terdapat pengaruh bauran pemasaran secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian yang ditujukan secara simultan dengan F hitung 24,720 lebih besar dari pada F tabel 2.72, dan nilai koefisien determinan (Adjusted R Square) sebesar 0.516 yang berarti dari penelitian tersebut dapat diketahui bahwa pengaruh bauran pemasaran sebesar 51.6%, Sedangkan sisanya yaitu 48.4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Sedang secara parsial diketahui bahwa variabel bauran pemasaran yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian, adalah variabel harga dengan Beta terbesar X2 = 0,336 dengan tingkat signifikan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Hasan, Irmayanti |
Keywords: | bauran pemasaran; keputusan pembelian |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Adi Sucipto |
Date Deposited: | 06 Oct 2023 10:16 |
Last Modified: | 06 Oct 2023 10:16 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56684 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |