Megasari, Megasari (2005) Pengaruh Periklanan terhadap Keputusan Pembelian pada Mahasiswi Semester Gasal di Ma’had Sunan Ampel Al Ali Uin Malang: Studi pada Produk Shampoo Sunsilk Clean and Fresh. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
01220048.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Iklan adalah merupakan salah satu usaha yang dilakukan perusahaan untuk menyampaikan pesan dari produk yang dihasilkan kepada konsumen, sehingga konsumen dapat lebih mengenal produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Iklan merupakan salah satu bagian dari bauran promosi yang lain yaitu, penjualan personal, pemasaran langsung, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan publisitas. Sasaran iklan adalah mengubah jalan pikiran konsumen untuk membeli produk (keputusan pembelianj.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Seberapa besar pengaruh periklanan terhadap keputusan mahasiswi UIN Malang dalam memilih produk shampoo sunsilk clean and fresh. 2) Variabel apakah yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan mahasiswi UIN Malang dalam memilih produk shampoo sunsilk clean and fresh.
Dengan teknik random sampling didapatkan 25% dari populasi yaitu sebesar 171 responden dari 684 mahasiswi yang berada di Ma’had Sunan Ampel Al-Ali. Dan hasil angket yang layak diteliti sejumlah 42 dari responden yang menggunakan produk shampoo sunsilk clean and fresh. Instrumen yang digunakan adalah angket (kuesioner). Teknik pengumpulan data berupa metode angket dan metode dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus regresi berganda, korelasi berganda, serta koefisien persamaan regresi.Variabel dalam penelitian ini adalah variabel independen yaitu Iklan yang terdiri dari variabel isi pesan, variabel struktur pesan, variabel format pesan, variabel sumber pesan. Sedangkan variabel dependent yaitu variabel keputusan pembelian.
Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh yang signifikan antara periklanan terhadap keputusan pembelian. Besarnya pengaruh periklanan terhadap keputusan pembelian dari korelasi sebesar 0,473. Dan dari regresi menunjukkanvariabel periklanan yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian adalah variabel isi pesan, yaitu dengan angka koofisien regresi sebesar 0,776 yang merupakan angka terbesar dari koefisienregresi variabel bebas yang lain. Dengan uji parsial, angka t hitung variabel isi pesan lebih besar dari variabel iklan yang lain yaitu sebesar 3,043. Dan pada uji simultan secara bersama-sama variabel iklan berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 8,316. Jadi dari hasil penelitian hipotesa diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Nurdiana, Ilfi |
Keywords: | Iklan; Keputusan Pembelian |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 06 Oct 2023 10:30 |
Last Modified: | 06 Oct 2023 10:30 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56683 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |