Karim, Abdul (2005) Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi Nasabah Menabung di BMT-MMU Sidogiri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
01220015.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
BMT-MMU merupakan lembaga keuangan mikro syariah yang bergerak dalam kegiatan simpan pinjam dengan berbasis syariah Islam. Lembaga ini bertujuan memasyarakatkan ekonomi syariah dan mensyariahkan ekonomi masyarakat dengan sasaran utamanya masyarakat ekonomi kecil (dua’fa'/lemah) dan masyarakat tertindas (mustad'afiri). Hingga bulan agustus 2005 BMT-MMU Sidogiri telah memiliki jumlah nasabah sebanyak 15.769 orang. Semenjak berdiri tahun 1997 hingga tahun 2005, nasabah BMT-MMU Sidogiri terus mengalami peningkatan dan dengan berbagai macam motivasi atau kepentingan (faktor) dalam menabung. Oleh karena itu dilakukan upaya untuk mengetahui lebih dalam tentang faktor-faktor yang melatar belakangi keputusan nasabah menabung di BMT-MMU Sidogiri.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian survai, bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah menabung di BMT-MMU sidogiri dan untuk mengetahui faktor yang paling dominan yang mempengaruhi nasabah menabung. Alat analisis yang digunakan yaitu uji reliabelitas dan uji validitas serta analisis faktor.
Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah menabung adalah; pertama, Faktor Produk dan Lingkungan, Faktor ini memiliki eigen value tertinggi sebesar 3.732 dan mampu menjelaskan keragaman (varian) variable-variabel yang di observasi sebesar 31.102%. variable-variabel dari seluruh hal-hal yang mempengaruhi nasabah menabung di BMT-MMU Sidogiri. Kedua, Faktor Faktor place. Faktor tersebut memiliki eigen value sebesar 1.971 dan mampu menjelaskan keragaman (varian) variabel-variabel yang diobservasi sebesar 16.423%. Variabel-variabel yang mendukting faktor ini, memberikan sumbangan sebesar 16.423%. dari seluruh hal-hal yang yang mempengaruhi nasabah menabung di BMT-MMU Sidogiri. Ketiga, Faktor Faktor Merek dan Price. Faktor tersebut memiliki eigen value sebesar 1.210 dan mampu menjelaskan keragaman (varian) variabel-variabel yang diobservasi sebesar 10.080%. Variabel-variabel yang mendukung faktor ini, memberikan sumbangan sebesar 10.080%, dari seluruh hal-hal yang yang mempengaruhi nasabah menabung di BMT-MMU Sidogiri. Kempatf Faktor Faktor Service. Faktor tersebut memiliki eigen value sebesar 1.052 dan mampu menjelaskan keragaman (varian) variabel-variabel yang diobservasi sebesar 8.768%. Variabel-variabel yang mendukung faktor ini, memberikan sumbangan sebesar 8.768% dari seluruh hal-hal yang yang mempengaruhi nasabah menabung di BMT-MMU Sidogiri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Nurdiana, Ilfi |
Keywords: | Pengaruh Faktor; Nasabah (Konsumen) |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 06 Oct 2023 10:31 |
Last Modified: | 06 Oct 2023 10:31 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56645 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |