Hamdani, Hamdani (2005) Konsep Pemasaran Hermawan Kartajaya dalam Perspektif Islam. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
01220013.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Dalam era ekonomi global, konsep pemasaran telah kehilangan kemampuan adaptasinya. Karena pada situasi persaingan dan perubahan bergerak begitu cepat menyebabkan perusahaan ditekan oleh faktor-faktor eksternal seperti perubahan teknologi, ekonomi, politik, sosial kultural dan pasar. Karena itulah maka sangat diperlukan konsep pemasaran yang memiliki adaptifitas tinggi dalam menyikapi dinamika pasar sehingga konsep tersebut haruslah senantiasa relevan, up todate dan memiliki efektifitas yang tinggi dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan dan tantangan yang ada. Sebelum kita mengaplikasikan sebuah konsep pemasaran, sebagai seorang muslim kita wajib mengetahui nilai-nilai yang terkandung dalam konsep tersebut. Hal ini sangat penting dilakukan agar kita tidak terjebak dan terjerumus dalam konsep yang sekuler. Berdasarkan hal inilah maka konsep pemasaran Hermawan Kartajaya yang sudah banyak digunakan dalam dunia bisnis akan ditinjau dalam perspektif Islam.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode library research (riset kepustakaan atau studi pustaka), dengan pendekatan deskriptif verifikatif. Sedangkan analisis yang dipakai adalah teknik analisis kritis, yakni upaya sistematik untuk menguraikan isi penelitian dengan memilah-milahkan, memisahkan, menguraikan dan membandingkan secara kritis komponen informasi yang telah dikumpulkan ke dalam bagian-bagian atau unit-unit analisis, kemudian dilakukan sintesis.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa konsep pemasaran Hermawan Kartajaya khususnya elemen Positioning, Differentiation dan Process tidak bertentangan dengan Islam. Hal ini dikarenakan dari ketiga elemen tersebut tidak didapati nilai-nilai yang bertentangan dengan Islam akan tetapi justru terdapat nilai-nilai yang diperintahkan dalam Islam. Seperti nilai yang terdapat pada elemen positioning yang menekankan pada pemenuhan janji, pada elemen differentiation menekankan nilai kejujuran, keadilan dan kepercayaan sedangkan pada elemen process bertujuan demi tercapainya kualitas maksimal, cost yang efisien dan juga pengiriman secepat mungkin, atau dengan kata lain profesionalitas harus kita tingkatkan dari waktu ke waktu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Djakfar, Muhammad |
Keywords: | Pemasaran; Hermawan Kartajaya; Islam |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 06 Oct 2023 10:31 |
Last Modified: | 06 Oct 2023 10:31 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56644 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |