Mazidah, Siti (2007) Peningkatan kualitas Guru dalam pembelajaran Aqidah Akhlaq melalui pelatihan di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 17 Kranji Paciran Lamongan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
02110187.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi begitu pesat mewarnai kehidupan manusia. Untuk mengimbangi perkembangan pendidikan tersebut, guru dituntut dapat mengkondisikan dirinya, sehingga tidak hanya mengajar ilmu pengetahuan, tetapi juga menanamkan nilai-nilai luhur kepada siswa. Posisi guru dalam meningkatkan mutu pendidikan harus diimbangi dengan kualitas guru yang berkompetensi dalam mengelola proses pembelajaran secara efektif dan efisien.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka masalah yang diteliti adalah Bagaimana kualitas guru dan peningkatan kualitas guru serta faktor pendukung dan penghambat peningkatan kualitas guru dalam pembelajaran aqidah akhlaq di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 17 Kranji. Adapun tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui kualitas guru dan peningkatan kualitas oleh guru dan kepala madrasah serta faktor pendukung dan penghambat peningkatan kualitas guru dalam pembelajaran aqidah akhlaq di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 17 Kranji. Jenis penelitian yang digimakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode observasi, interview dan dokumentasi. Cara menganalisa data yaitu mereduksi, mendisplay dan verifikasi.
Hasil penelitian di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 17 Kranji tentang kualitas guru dalam pembelajaran aqidah akhlaq adalah guru mampu mendidik siswa agar bertaqwa kepada Allah, berilmu dan sehat jasmani serta memiliki tanggung jawab moral, pendidikan, kemasyarakatan dan keilmuan. Peningkatan kualitas yang dilakukan oleh guru aqidah akhlaq yaitu mengadakan musyawarah atau diskusi dengan kepala sekolah dan guru-guru. Mengikuti seminar, work shop, penataran dan penelitian. Oleh kepala madrasah yaitu memberikan contoh sikap jujur, percaya diri dan bertanggung jawab serta mendelegasikan tugas untuk mengikuti penataran, pelatihan, seminar, MGMP atau work shop dan memahami kondisi dan karakter (guru, murid, orang tua dan masyarakat) juga melakukan supervisi dan memperbaiki sarana dan prasarana. Adapun faktor pendukungnya adalah peran serta mayarakat yang positif, sekolah diniyah dan kesesuaian latar belakang pendidikan pengajar. Faktor penghambatnya adalah lingkungan sosial dan kemampuan jiwa psikologis murid berbeda dan sarana dan prasarana serta dana.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Annijat, Siti |
Keywords: | Peningkatan; Kualitas guru; Pembelajaran Aqidah Akhlaq |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 04 Oct 2023 09:42 |
Last Modified: | 04 Oct 2023 09:42 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56635 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |