Hafid, Abdul (2005) Pengaruh Biaya Saluran Distribusi dan Biaya Advertensi terhadap Volume Penjualan pada Perusahaan Sandal Toyosima Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
00220078.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Saluran distribusi merupakan kegiatan pemasaran yang sangat penting dalam suatu perusahaan, hal ini disebabkan saluran distribusi dapat mempengaruhi besar kecilnya volume penjualan. Dan seperti diketahui bahwa tujuan pemasaran secara langsung maupun tidak langsung adalah untuk melancarkan arus perpindahan barang dari produsen ke konsumen. Begitu juga dengan masalah promosi khususnya advertensi, di mana untuk memperkenalkan dan menarik suatu konsumen terhadap produk yang dihasilkan oleh perusahaan diperlukan suatu media periklanan (advertensi), untuk menarik minat konsumen. Untuk dapat tercapainya tujuan tersebut, maka salah satu usaha yang dilakukan oleh perusahaan adalah mengefektifkan saluran distribusi dan periklanan yang ada sehingga dapat meningkatkan volume penjualan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari biaya saluran distribusi dan biaya advertensi yang dikeluarkan perusahaan terhadap volume penjualan pada Perusahaan Sandal “Toyosima” Malang dan mengetahui variabel yang dominan pengaruhnya diantara dua jenis biaya yaitu biaya saluran distribusi dan biaya advertensi terhadap volume penjualan pada Perusahaan Sandal “Toyosima” Malang. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan uji t dan uji F.
Hasil penelitian memmjukkan bahwa besarnya pengaruh variabel bebas (biaya saluran distribusi dan biaya advertensi) terhadap variabel terikat (volume penjualan) sebesar 92,8% dan 7,2% variabel volume penjualan dipengaruhi oleh variabel selain biaya saluran distribusi dan biaya advertensi. Secara parsial kedua variabel bebas (biaya saluran distribusi dan biaya advertensi) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat (volume penjualan), hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung yang lebih besar dari t tabel. Sedangkan secara simultan kedua variabel bebas (biaya saluran distribusi dan biaya advertensi) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat (volume penjualan), hal ini ditunjukkan dengan nilai f hitung yang lebih besar dari nilai fa tabel. Dari hasil analisis diketahui bahwa variabel biaya saluran distribusi adalah variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap variabel terikat (volume penjualan), hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung yang lebih besar dibanding dengan nilai t hitung pada variabel biaya advertensi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Ridwan, A. Muhtadi |
Keywords: | Biaya Saluran Distribusi; Biaya Advertensi; Volume Penjualan |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 04 Oct 2023 09:40 |
Last Modified: | 04 Oct 2023 09:40 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56621 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |