Prasetyono, Eko (2005) Pengaruh Public Relations terhadap Citra Masyarakat pada PT. Pertamina (Persero) Daerah Operasi Hulu Jawa Bagian Timur di Kecamatan Cepu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
00220070.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pada era globalisasi perdagangan, investasi, teknologi dan informasi, bidang kerja komunikasi dan marketing semakin erat terkait. Hal ini dikarenakan perkembangan perekonomian sekarang ini penuh dengan persaingan sehingga perusahaan harus memiliki daya saing agar perusahaan tersebut dapat memperoleh suatu kemajuan dan dapat mencapai tujuan serta target yang telah ditetapkan. Dewasa ini Masyarakat tidak hanya memerlukan produk dari suatu perusahaan tetapi masyarakat juga memmerlukan pelayanan dan kepedulian dari perusahaan. Servis yang diberikan tersebut akan menimbulkan suatu tanggapan dari konsumen dan masyarakat berupa persepsi atau citra dari dari konsumen. Untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat cara yang sudah umum dan terbukti dalam pratik adalah dengan menggunakan public relations.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh public relations yang meliputi Event (X1), Lobbying (X2), Publication (X3), Social Invesment (X4) terhadap citra masyarakat pada PT, Pertamina Daerah operasi Hulu Jawa Bagian Timur Di Cepu Jawa Tengah, dengan sampel 95 orang masyarakat dari populasi yang ada. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan kausal asimetris. Sedangkan alat analisis yang dipakai adalah regresi linier berganda.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa public relations yang meliputi Event (X1), Lobbying (X2), Publication (X3), Social Invesment (X4) dapat menjelaskan variabel Citra Masyarakat (Y) yang ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,642 atau 64,2% dan sisanya 35,8% dijelaskan oleh variabel lain. Sedangkan secara parsial (uji t) diketahui bahwa subvariabel public relations berupa Event mempunyai pengaruh yang besar atau dominan dengan nilai t hitung sebesar 3.332 atau nilai koefisien regresi sebesar 0.247 atau 24,7%. Sedangkan secara simultan atau uji F diketahui bahwa public relations secara signifikan berpengaruh terhadap citra masyarakat, hal ini ditunjukkan dengan nilai f hitung sebesar 40.323 jauh lebih besar dibandingkan dengan nilai f tabel sebesar 2,45 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa public relations secara signifikan berpengaruh terhadap citra masyarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Al Idrus, Salim |
Keywords: | Public Relations; Citra Masyarakat |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 04 Oct 2023 09:40 |
Last Modified: | 04 Oct 2023 09:40 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56618 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |