Rofi'ah, Iif Kholifatur (2005) Pengaruh Komunikasi antara atasan dan bawahan terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Perusahaan Kompor Kupu Mas Merjosari Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
00220019.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Memasuki era globalisasi dan dalam menyongsong pasar persaingan bebas, maka sikap profesionalisme dari para pelaku ekonomi mutlak dibutuhkan. Peranan manajemen semakin penting artinya dalam upaya meningkatkan efisiensi usaha suatu perusahaan. Keberhasilan dalam mencapai segala sesuatu adalah harapan bagi semua organisasi. Salah satu faktor yang bersifat menunjang dan sangat diperlukan guna mencapai tujuan organisasi adalah komunikasi. Karena dalam organisasi terdapat kumpulan orang-orang yang mempunyai satu tujuan. Manusia adalah mahluk sosial, di mana ia selalu hidup dengan manusia yang lain dan senantiasa berkomunikasi dengan sesamanya. Ada satu aksioma komunikasi yang berbunyi “seseorang tidak dapat tidak berkomunikasi”, jadi komunikasi yang efektif sangat penting bagi perusahaan dalam melaksanakan kegiatan manajemen.
Faktor komunikasi juga mempunyai peranan yang penting dalam menjaga tingkat kepuasan keija karyawan. Karena dengan adanya komunikasi yang lancar antara atasan dengan bawahan, maka atasan akan dapat memahami dan mengakui pendapat karyawan yang pada akhirnya dapat menimbulkan rasa puas terhadap pekerjaan. Peranan komunikasi menjadi bagian penting yang harus diperhatikan manajemen karena komunikasi merupakan alat bagi manajemen untuk menjalankan organisasi. Dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh komunikasi terhadap kepuasan kerja karyawan.
Untuk menjawab masalah tersebut maka dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh dari variabel bebas (komunikasi) terhadap variabel terikat (kepuasan kerja). Dari hasil analisa yang dilakukan menunjukkan Rs = 0,819, artinya variabel bebas mampu menjelaskan variabel terikat, jika dipresentasikan maka komunikasi berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja sebesar 81,9%, Dari analisa tersebut maka dilakukan uji hipotesa melalui uji F yang mana menghasilkan Fhitung = 4,813dan Ftabel = 4,11. Yang artinya secara simultan komunikasi vertikal, komunikasi horisontal, komunikasi diagonal, dan komunikasi eksternal berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan. Dari keempat macam komunikasi tersebut, yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap kepuasan kerja karyawan adalah komunikasi horisontal. Hal ini di karenakan besarnya nilai koefisien regresi komunikasi horisontal sebesar 0,391 atau sebesar39,l% lebih besar dari variabel yang lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Nurdiana, Ilfi |
Keywords: | Komunikasi; Kepuasan Kerja Karyawan; Perusahaan Kompor Kupu Mas Merjosari Malang |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 03 Oct 2023 11:11 |
Last Modified: | 03 Oct 2023 11:11 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56599 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |