Ulisah, Eni (2003) Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Konsumen dalam mengkonsumsi Produk di Rumah Makan Wong Solo Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
99220611.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Istilah “kepuasan konsumen” telah menjadi suatu bagian yang integral dalam misi dan tujuan sebagian besar organisasi, baik yang berorientasi pada laba maupun nirlaba. Oleh karenanya setiap perusahaan akan senantiasa berlomba-lomba mencari suatu strategi dalam upaya meningkatan jumlah konsumen, hingga nantinya menjadi konsumen yang puas bahkan loyal. Dalam hal ini sebuah perusahaan dapat menjadikan bauran pemasaran yang terdiri-dari 4 unsur; produk, harga, tempa distribusi, dan promosi, sebagai strategi pokok dalam pelaksanaan strategi pemasaran yang efektif.
Subyek dalam penelitian ini adalah konsumen yang telah mengkonsumsi produk di rumah makan Wong Solo Malang, yaitu dengan mengambil jumlah sampel sebanyak 100 responden. Sedangkan sebagai tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pelaksanaan unsur-unsur bauran pemasaran (produk, harga, tempat, distribusi, dan promosi) di rumah makan Wong Solo Malang memberikan pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian .
Sebuah perumusan masalah dalam hipotesis akan diuji kebenarannya dengan perhitungan statistik secara simultan (Uji F) dan secara parsial (uji T). Sedangkan untuk keperluan pengolahan dan analisis data digunakan metode analisa data regresi linear berganda.
Dari penganalisisan data, diperoleh beberapa kesimpulan yaitu; Hasil perhitungan uji hipotesis secara simultan diketahui bahwa variabel produk (XI), harga (X2), tempat (X3), dan promosi (X4) secara bersama-sama dapat memberikan pengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian produk di rumah makan Wong Solo Malang, dimana nilai F hitung adalah sebesar 12,056 Sedangkan hasil perhitungan uji hipotesis secara parsial (Uji T) diketahui bahwa variabel produk (XI) sebesar 0,485. Variabel harga (X2) sebesar 0,257. Variabel tempat (X3) sebesar 1,838. Dan variabel promosi (X4) sebesar 5,003.
Dan dari hasil perhitungan regresi linear berganda diketahui bahwa besarnya nilai R (R Square) adalah sebesar 0,337. Memberikan makna bahwa proporsi keragaman dalam variabel keputusan pembelian (Y) yang dijelaskan oleh keempat variabel bebas di dalam model regresi adalah sebesar 33,7%. Dan secara individu diketahui bahwa variabel produk (XI) memberikan pengaruh sebesar 0,036 (03,6%), varaibel harga (X2) memberikan pengaruh sebesar 0,023 (02,3%), variabel tempat (X3) memberikan pengaruh sebesar 0,172 (17,2%), dan variabel promosi (X4) memberikan pengaruh sebesar 0,430 (430%)
Dalam konteks hasil penelitian ini secara umum dapat disimpulkan, bahwa variabel-variabel bauran pemasaran dapat berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam mengkonsumsi sebuah produk tertentu. Dengan demikian dapat di sarankan kepada Rumah makan Wong Solo Malang khususnya, agar tetap memperhatikan pelaksanaan unsur-unsur bauran pemasarannya dan berupaya semaksimal mungkin sehingga dapat meningkatkan jumlah konsumennya dengan tingkat kepuasan seperti yang diharapkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Al Idrus, Salim |
Keywords: | Bauran Pemasaran; Keputusan Konsumen; Produk; Rumah Makan Wong Solo Malang |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 15:09 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 15:09 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56537 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |