Rahmawati, Ana (2003) Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap peningkatan Pangsa Pasar pada Perusahaan Kecap Rahayu Talun Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
99220546.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Dengan melihat situasi persaingan sekarang ini, terobosan baru dalam dunia usaha memeng perlu untuk menyambut kebutuhan konsumen, menyajikan apa yang dibutuhkan oleh konsumen. Untuk itu pemilik perusahaan harus tanggap dan jeli dalam membaca situasi disekitar lingkungan perusahaan, yaitu pasar tempat perusahaan berkiprah dan perubahan yang terjadi di sekitarnya. Berkenaan dengan itu terdapat banyak cara yang dapat di tempuh dan dilakukan oleh perusahaan antara lain dengan melaksanakan bauran pemasaran (produk, harga, promosi dan distribusi).
Subjek penelitian ini adalah agen yang menjual produk kecap “Rahayu” Blitar, yaitu dengan mengambil jumlah sampel sebanyak 100 responden. Sedangkan sebagai tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan bauran pemasaran dan untuk mengetahui apakah pelaksanaan bauran pemasaran berpengaruh signifikan tehadap pangsa pasar di perusahaan kecap “Rahayu” Blitar.
Sebuah perumusan masalah dalam hipotesis akan diuji kebenaranya dengan perhitungan statistik secara simultan (Uji F) dan parsial (Uji T). Sedangkan untuk keperluan pengelolaan dan analisis data digunakan regresi berganda, uji validitas dan reliabilitas.
Dari penganalisisan data diperoleh kesimpulan yaitu, hasil perhitungan uji hipotesis secara simultan (Uji F) diketahui bahwa variabel produk, harga, promosi dan distribusi berpengaruh signifikan terhadap pangsa pasar. Hal itu ditunjukkan dengan besarnya Fhitung lebih besar dari F tabel (2.772 > 2.462). Sedangkan hasil perhitungan uji hipotesis secara parsial (Uji T) diketahui bahwa hanya variabel harga dan promosi yang berpengaruh signifikan terhadap pangsa pasar, karena nilai tstatistik lebih besar dari t tabel (variabel harga 2.033 > 1.98 dan promosi 2.630 > 1.98). Dan variabel produk dan distribusi tidak berpengaruh signifikan terhadap pangsa pasar, hal itu ditunjukkan dengan nilai Utitik lebih kecil dari t tabel (variabel produk 0.369 < 1.98 dan distribusi 0.833 < 1.98).
Dan dari perhitungan regresi diketahui bahwa besarnya nilai R Square adalah 0.105 menunjukkan bahwa variasi nilai pangsa pasar yang dijelaskan oleh keempat variabel bebas di dalam model regresi adalah 10.5%. dan secara individu diketahui bahwa variabel produk memberikan pengaruh sebesar 0.036, harga 0,180, promosi 0.036 dan distribusi 0.084.
Dengan demikian dapat disarankan kepada perusahaan kecap Rahayu Blitar hendaknya dalam melakukan pemasaran lebih menentukan langkah-langkah yang terencana dan sistematis, sehingga pemasaran yang dihasilkan lebih efektif dan efisien.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Djakfar, Muhammad |
Keywords: | Bauran Pemasaran; Pangsa Pasar; Perusahaan Kecap Rahayu Talun Blitar |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 15:10 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 15:10 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56532 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |