Mardiyah, Heni (2003) Strategi Pemasaran Jasa dalam mempertahankan Keunggulan Bersaing: Studi kasus di Hotel Pelangi Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
99220438.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Dalam penelitian ini, judul yang diambil adalah strategi pemasaran jasa dalam mempertahankan keunggulan bersaing (Study Kasus di Hotel Pelangi Malang). Lokasi penelitian tepatnya di jalan Merdeka Selatan No. 03 Malang. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus, merupakan penelitian dengan karakteristik masalah yang berkaitan dengan latar belakang dan kondisi saat ini dari subyek yang diteliti serta interaksinya dengan lingkungan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan oleh Hotel Pelangi Malang dan beberapa faktor yang mempengaruhi rencana strategi pemasaran jasa dalam mempertahankan keunggulan bersaing.
Alat analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisa SWOT, Analisa ETOP dan Analisa SAP. Analisa tersebut diperoleh berdasarkan faktor-faktor strategis internal dan eksternal perusahaan.
Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa perusahaan saat ini mengalami peningkatan laba yang cukup tinggi, peningkatan dipengaruhi oleh banyaknya pengunjung yang menginap di Hotel tersebut, daerah pemasaran yang luas serta dukungan manajemen perusahaan yang kuat dan letak yang strategis.
Berdasarkan hasil analisa SAP dan ETOP, Hotel Pelangi Malang mempunyai kekuatan yang besar, hal ini ditandai dengan banyaknya tenaga kerja, asset yang dimiliki serta laba perusahaan yang tinggi. Sedangkan peluang bagi perusahaan yang sangat besar yakni timbulnya daya beli masyarakat yang meningkat, tenaga kerja yang produktif dan maksimal serta promosi yang berkembang kemancanegara. Kelemahan yang dimiliki oleh perusahaan selama ini adalah teknologi yang masih menggunakan sistem manual. Adapun ancaman Hotel Pelangi antara lain banyaknya pesaing yang masuk ke pasar, stabilitas politik yang tak menentu serta masyarakat yang selektif.
Hasil yang diperoleh dari analisa SAP dan ETOP dalam Hotel tersebut ialah bahwa Hotel tersebut saat ini pada posisi masa pertumbuhan. Dengan posisi yang demikian strategi yang harus dilakukan oleh perusahaan dalam mempertahankan keunggulan bersaing yakni strategi perluasan ata pengembangan pasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Ridwan, A. Muhtadi |
Keywords: | Strategi Pemasaran Jasa; Keunggulan Bersaing; Hotel Pelangi Malang |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 15:10 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 15:10 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56528 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |