Robi’atun, Siti (2003) Pelaksanaan promosi yang efektif dalam upaya meningkatkan jumlah nasabah tabungan pada PT. BPR Gunung Ringgit Dinoyo Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Full text)
98220578.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Dunia perekonomian tidak lepas dari lembaga keuangan yang fungsi utamanya untuk membantu masyarakat dalam rangka memenuhi kebutuhannya. Demikian juga dengan BPR yang merupakan lembaga keuangan dimana kegiatannya adalah menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya kembali pada masyarakat. Dalam menghimpun dana ini bank memiliki produk tabungan Tam asa dan Kejora. Untuk memperkenalkan produk tersebut pada masyarakat, bank melakukan kegiatan promosi. Dengan adanya kegiatan promosi tersebut diharapkan dapat meningkatkan jumlah nasabah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kegiatan promosi itu dilakukan oleh pihak bank dan untuk mengetahui efektif tidaknya pelaksanaan kegiatan promosi tersebut selama ini.
Dalam melakukan penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan menurut apa adanya. Untuk pengambilan data penulis menggunakan teknik observasi, wawancara atau interview dan dokumentasi. Sedangkan data yang digunakan berupa data primer dan data skunder. Dan untuk menganalisis data yang didapat dari penelitian dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif yaitu mengadakan analisis secara kualitatif terhadap objek masalah yang diteliti untuk memperoleh pemecahan yang tepat setelah mempertimbangkan kebaikan dan keburukan dari berbagai alternatif.
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini bahwa kegiatan promosi dilakukan melalui berbagai media, yaitu pasang iklan dimedia cetak, pembuatan kalender, dan brosur, pelaksanaan intertainment, dan menjadi sponsor ship. Dari berbagai media yang digunakan tersebut yang lebih efektif yaitu melalui media kalender, karena dengan ditambahnya biaya untuk media kalender pada tahun 2001 dapat mempengaruhi peningkatan jumlah nasabah. Yang pada awalnya kenaikan nasabah hanya berkisar 11,1% meningkat menjadi 20%. Sedangkan pelaksanaan promosi yang dilakukan oleh PT. BPR Gunung Ringgit Dinoyo Malang selama ini kurang efektif, karena peningkatan jumlah nasabah tabungan hanya berkisar antara 11,1% - 20%. Hal ini belum memenuhi standart dan belum sesuai dengan hasil yang diharapkan oleh pihak bank. Berdasarkan kesimpulan tersebut sebaiknya bank menambah kegiatan promosi yang lebih efektif dan memberikan pelayanan yang lebih baik agar para nasabah setia terhadap bank.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Djakfar, Muhammad |
Keywords: | promosi; jumlah nasabah tabungan |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 15:11 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 15:11 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56527 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |