Nafisah, Ririn (2002) Analisis faktor-faktor Bauran Pemasaran yang mempengaruhi kecenderungan konsumen dalam memilih jasa angkutan bus malam. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
98220570.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Alat transportasi bus pada saat ini cukup diminati oleh banyak penumpang, terutama bus malam yang dapat menjangkau banyak wilayah, baik kota besar maupun kota kecil dengan sekali perjalanan. Akan tetapi semakin banyak peminatnya, maka semakin banyak pula perusahaan-perusahaan pesaing yang muncul. Untuk itu sudah seharusnya perusahaan bus malam memperhatikan unsur-unsur bauran pemasaran yang dapat mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih bus malam, dan seberapa besar pengaruh tersebut terhadap pengambilan keputusan konsumen, sehingga perusahaan mampu meningkatkan jumlah pelanggan busnya.
Adapun tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dan pengaruh masing-masing unsur bauran pemasaran secara individual maupun secara bersama-sama, serta untuk mengetahui faktor bauran pemasaran mana yang memiliki pengaruh paling besar terhadap keputusan konsumen dalam memilih bus malam. Untuk tujuan tersebut penulis telah melaksanakan penelitian dengan mengambil obyek perilaku penumpang bus malam sebagai konsumen dalam memilih bus malam.
Permasalahan yang ada adalah bagaimana hubungan dan pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan konsumen secara individual maupun secara bersama-sama, serta faktor bauran pemasaran mana yang memiliki pengaruh paling besar terhadap keputusan konsumen tersebut. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan menganalisa hubungan dan pengaruh antara bauran pemasaran dan keputusan konsumen dalam memilih bus malam dengan menggunakan analisa metode statistik regresi berganda dan korelasi berganda. Sedangkan pengujian hipotesa dengan menggunakan uji t (uji parsial) untuk mengetahui hubungan secara individu, dan untuk mengetahui hubungan secara bersama-sama dengan menggunakan uji F (uji simultan).
Untuk itu dalam upaya mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih bus malam yang dikaitkan dengan bauran pemasaran, hendaknya perusahaan bus malam harus seksama memperhatikan masing-masing indikator bauran pemasaran produk, harga, tempat, promosi, pelayanan dan proses, karena keputusan konsumen dalam memilih bus malam memiliki pengaruh dan hubungan yang signifikan terhadap bauran pemasaran baik sccara parsial maupun sccara keseluruhan (simultan).
Selain itu terhadap keputusan konsumen dalam memilih bus malam, perusahaan seharusnya memfokuskan hal-hal sebagai berikut : pertama, lebih memperhatikan faktor proses yang dilakukan dengan meningkatkan kedisiplinan karyawan dalam melaksanakan peraturan-peraturan yang telah ditetapkan perusahaan, kedua, meningkatkan pelayanan terhadap konsumen bus malam, karena pelayanan merupakan entry point (nilai tambah) bagi suatu perusahaan, ketiga, perusahaan hendaknya mampu menawarkan bermacam-macam produk bus yang disesuaikan dengan keinginan dan kemampuan konsumen dari tingkatan yang biasa sampai tingkatan yang istimewa, keempatf hendaknya perusahaan berusaha untuk menambah jumlah agennya, khususnya pada daerah-daerah yang dinilai cukup potensial tapi masih belum terlayani, kelima, perusahaan hendaknya lebih gencar dalam melaksanakan kegiatan promosinya, akan tetapi harus lebih hati-hati dan lebih selektif dalam memilih kegiatan promosi yang akan dilakukannya.
Sedangkan bagi konsumen penumpang bus malam hendaknya menjadikan bauran pemasaran yang ada sebagai acuan ataupun patokan dasar bagi konsumen dalam mengambil suatu keputusan jadi tidaknya memilih bus malam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Usri, Abdul Kadir |
Keywords: | bauran pemasaran; konsumen; jasa angkutan |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 15:10 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 15:10 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56524 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |