Subagyo, Hendras Eko Harry (2002) Analisis strategi peningkatan produksi pada Perusahaan Rokok “Valas” Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
98220546.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Kelangsungan hidup organisasi dipengaruhi oleh penibahan lingkungan. Perubahan lingkungan yang cepat dan tak terduga mengharuskan organisasi memanfaatkan peluang dan mampu mengatasi segala resiko dan ancaman yang terjadi. Untuk itu, organisasi harus mampu menganalisis lingkungan internal dan eksternal guna menangkap peluang dan mengantisipasi ancaman, dan merumuskan strategi organisasi yang tepat.
Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk menganalisis lingkungan eksternal dan internal organisasi, dan menentukan alternatif strategi yang tepat bagi organisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah analisis lingkungan dan eksternal yang dilaksanakan oleh organisasi dalam perumusan strategi perusahaan.
Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa kuantittif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif memakai anlisis ETOP (Environmental Threats & Opportunities Profile), dan SAP (Strategic Advantages Profile). Sedangkan analisis kualitatif menggunakan analisis SWOT (Strenghts /kekuatan, Weakness/kelemahan, Opportunies/peluang dan Threat/ancaman). Analisis tersebut digunakan untuk memperhatikan dan mepertimbangkan kondisi internal organisasi, dan menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman bagi perusahaan.
Faktor pendukung peningkatan produksi adalah daerali pemasaran yang luas, posisi keuangan meningkat, struktur organisasi yang baik sehingga internal kontrol dapat berjalan baik. Faktor penghambat peningkatan produksi adai all masih banyak karyawan yang kurang profesional dan skiilnya rendah, kurangnya jaminan sosial dan penghargaan perusaliaan terhadap produktivitas kerja karyawan, terdapat kerusakan fasilitas pada beberapa ruangan sehingga perlu pembenahan.
Jadi disimpulkan bahwa berdasarkan analisa SWOT, SAP dan ETOP, Perusahaan Rokok “VALAS” Malang memilih strategi yang tepat yaitu strategi pertumbuhan. Strategi pertumbuhan adalah strategi yang meningkatkan tingkat hasil yang lebih tinggi dikemudian hari dari tingkat hasil yang masa lampau. Dengan menggunakan strategi pertumbuhan organisasi dapat meningkatkan produksi, secara otomatis dapat meningkatkan pendapatan serta pangsa pasar lebih luas sehingga dapat unggul dari para pesaingnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Ridwan, A. Muhtadi |
Keywords: | strategi peningkatan produksi |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 15:10 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 15:10 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56522 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |