Ulfa, Maria (2007) Perencanaan strategi pemasaran pada Perusahaan Rokok Dolar Prima Utama: Periode tahun 2006. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
01220025.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Persaingan usaha yang sangat tajam juga terjadi pada industri rokok. (Terdapat lebih dari 130 perusahaan sejenis yang terdaftar secara resmi di wilayah Jawa Timur). Dikeluarkaimya Peraturan Pemerintah yang mengatur tentang Harga Jual Eceran (HJE) rokok sebesar 20% dari HJE lama menambah beban operasional usaha industri rokok. Banyaknya pengusaha-pengusah rokok yang memproduksi dan mengedarkan rokok tanpa ijin dari Direktorat Jenderal Bea & cukai semakin menambah beratnya iklim persaingan, (sumber: wawancara dengan Bapak Masruhan General manajer Perusahaan Rokok Dolar rima Utama). Itulah sebabnya maka perencanaan strategi pemasaran menjadi kebutuhan mutlak.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendiskripsikan perencanaan strategi pemasaran pada Perusahaan Rokok Dolar Prima Utama (Periode Tahun 2006) dan langkah-langkah perusahaan tersebut dalam memperluas wilayah pasar. Informan penelitian ini adalah komisaris perusahaan, general manajer serta para manajer dibawahnya. Teknik pengambilan data dengan teknik wawancara tersusun, observasi dan dokumentasi. Alat analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan jenis analisis Matrik BCG, yaitu penentuan posisi produk perusahaan dan Keunggulan Bersaing Porter yaitu letak keunggulan perusahaan.
Berdasarkan analisis tersebut telah diketahui kesiapan perusahaan secara internal dan eksternal dalam melakukan perencanaan strategi pemasaran. Sedangkan sesuai dengan hasil analisis Matrik BCG, posisi masing- masing produk sebagai berikut (a) produk merk Valas King berada pada posisi star (bintang), (b) produk merk XXX mild berada pada posisi Question Mark, (c) produk merk King Hijau Kotak berada pada posisi Cash Ccrw, (d) terakhir produk merk Luxor LX berada pada posisi Dog. Berikutnya adalah analisis Keunggulan Bersaing Porter yang menghasilkan keunggulan perusahaan pada sisi keunggu an beda produk yaitu produk XXX milk yang mempunyai sled merah diujung rokok, serta keunggulan fokus produk dimana setiap produk masing-masing mempunyai fokus pasar tertentu yang disesuaikan dengan kelebihannya masing-masing.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Alamsyah, Ahmad Fahrudin |
Keywords: | Perencanaan Strategi Pemasaran |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Koko Prasetyo |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 15:09 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 15:09 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56518 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |