Anita, Yeny (2003) Analisis Bauran Pemasaran dalam memutuskan Menabung pada Bank Perkreditan Rakyat Syari'ah Bhakti Haji Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
99220284.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Bank Perkreditan Rakyat Syarfah Bhakti Haji Malang (BPRS BHM) perlu melakukan perbaikan dan pengembangan strategi-strategi pemasaran agar memenangkan persaingan dengan bank lain serta dapat memperoleh nasabah yang lebih banyak lagi guna meningkatkan pendapatannya. Berkaitan dengan kegiatan pemasaran perusahaan, maka tidak pemah lepas dari istilah marketing mix (bauran pemasaran). Untuk menganalisis faktor-faktor bauran pemasaran dan lingkungan yang dikaitkan dengan kepuasan konsumen, terlebih dahulu hams mengetahui siapa konsumennya, apa yang menjadi latar belakang konsumen memilih serta kapan dan bagaimana memilihnya. Karenanya dalam menetapkan suatu kebijakan tentang bauran pemasaran, perusahaan hendaknya hams memperhatikan dan menyesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan konsumen.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor bauran pemasaran apa yang dipertimbangkan dan untuk menganalisis faktor-faktor bauran pemasaran dalam memutuskan menabung pada Bank Perkreditan Rakyat Syari'ah Bhakti Haji Malang.
Alat analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan uji validitas dan reiiabilitas instrumen penelitian serta menggunakan analisis faktor melalui tahap-tahap; (1) Deskripsi data (2) Uji interdependensi variabel-variabel (3) Ekstraksi faktor (4) Faktor sebelum rotasi dan (5) Rotasi faktor
Dari variabel yang dikemukakan pada item pertanyaan, bahwa seluruh variabel adalah valid dan reliabel. Sedangkan hasil akhir dari analisis tersebut adalah faktor utama yang menduduki rangking tertinggi bauran pemasaran dalam memutuskan menabung pada Bank Perkreditan Rakyat Syari٠ah Bhakti Haji Malang adalah faktor tempat. Faktor ini didukung oleh variabel X42 (dekat dengan rumah) dengan faktor loading sebesar 0,856, X41 (lokasi strategis) sebesar 0,789, x5i (cara penyampaian informasi) sebesar 0,699 dan X52 (sikap pegawai dengan nasabah) sebesar 0,678. Faktor kedua yang menduduki rangking tertinggi faktor bauran pemasaran dalam memutuskan menabung pada BPRS Bhakti Haji Malang yaitu faktor harga. Yang diduduki oleh variabel; X22 (tingkat bagi faktor loading sebesar 0,788و x23 (prosedur penetapan bagi hasil) sebesar 0,778, X21 (biaya administrasi dan setoran) sebesar 0,670 dan X12 (produk dengan ciri khas Islami) sebesar 0,643. Faktor ketiga yang menduduki rangking tertinggi faktor bauran pemasaran dalam memutuskan menabung pada BPRS Bhakti Haji Malang adalah faktor promosi. Faktor ini diduduki oleh variabel: X32 (iklan melalui brosur) faktor loading sebesar 0,836, X31 (tahu dari teman) sebesar 0,762 dan X33 (hubungan baik pihak bank dengan nasabah) sebesar 0,689. Faktor keempat yang menduduki rakngking tertinggi faktor bauran pemasaran dalam memutuskan menabung pada BPRS Bhakti Haji Malang adalah faktor bukti fisik. Variabel yang mendukung faktor ini adalah: x٥2 (keindahan interior) faktor loading sebesar 0,861, X٥1 (kebersihan dan kerapian kantor) sebesar 0,805 dah x63 (seragam karyawan) sebesar 0,626. Faktor kelima yang menduduki rangking tertinggi faktor bauran pemasaran dalam memutuskan menabung pada BPRS Bhakti Haji Malang yaitu faktor produk. Variabel yang menempati pada faktor kelima ini hanya satu variabel saja yaitu X13 (kecepatan dan keramahan pelayanan) dengan faktor loading sebesar 0,883.
Dengan keterbatasan dalam penelitian ini, maka seyogyanya bagi peneliti yang selanjutnya agar lebih banyak variabel-variabel yang diturunkan dari teoritis, mengingat dalam penelitian ini mengangkat tujuh faktor yaitu dari seluruh faktor bauran pemasaran variabel yang digunakan hanya beberapa saja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Alamsyah, Ahmad Fahrudin |
Keywords: | Bauran Pemasaran; Menabung; Bank Perkreditan Rakyat Syari'ah Bhakti Haji Malang |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 09:48 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 09:48 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56502 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |