Sa'adah, Afif (2003) Pengaruh Media Periklanan terhadap Citra Positif Produk Kartu simPATI: Studi kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi S-1 Reguler angkatan 2002/2003 Universitas Brawijaya Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
99220165.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Komunikasi memegang peran yang penting dalam bidang pemasaran, karena dengan menerapkan komunikasi yang baik perusahaan akan dapat memasarkan produknya secara efektif kepada masyarakat. Aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan untuk berkomunikasi dengan konsumen disebut dengan promosi, yang terdiri dari periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan dan hubungan masyarakat.
Dalam penelitian ini aktivitas promosi yang akan disoroti adalah periklanan, karena periklanan merupakan jenis promosi yang paling persuasif, dengan kegiatan periklanan perusahaan dapat menyampaikan pesan secara tidak langsung (non-personal) sehingga tidak ada unsur paksaan kepada konsumen. Untuk menyampaikan pesan tersebut digunakan media-media tertentu, misalnya media iklan televisi, surat kabar, majalah, papan reklame, dan lain sebagainya.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah sejauh mana media periklanan yang meliputi media iklan televisi (X,), surat kabar (X2), majalah (X3), dan papan reklame (X4) mempengaruhi citra produk kartu simPATI dan variabel manakah dari media iklan yang paling dominan berpengaruh terhadap persepsi konsumen dalam kaitannya dengan pembentukan citra produk yang diiklankan. Untuk itu diperlukan penelitian jenis explanatory research. Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas untuk mengetahui ketepatan dan kemantapan suatu alat ukur. Korelasi dan regresi linier berganda untuk mengetahui hubungan dan pengaruh antara variabel bebas dan variabel terikat F dan uji t digunakan untuk menguji hipotesis yang dikemukakan oleh penulis.
Dari hasil analisis diketahui bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variabel bebas terhadap variabel terikat yang ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi yaitu 0,732. Dari perhitungan uji F diperoleh Fhitung sebesar 60,893 dengan tingkat kepercayaan sebesar 95% (a = 0,05), dan diketahui Ftabei sebesar 2,45 (Fhitung ح Ftabci) sehingga kesimpulannya variabel bebas secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap variabel terikat. Dari uji t diketahui bahwa secara parsial semua variabel bebas juga mempunyai pengaruh terhadap variabel terikat karena t hitung > t tabel» dijabarkan sebagai berikut: t hitung variabel televisi (Xj) sebesar 7,561 و t hitung variabel surat kabar X) sebesar 4,078, t hitung variabel majalah (X3) sebesar 5,175 dan t hitung variabel papan reklame (X4) 3,598.
Media iklan televisi (Xi) merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh pada persepsi konsumen, karena memiliki t hitung paling besar. Oleh karena itu perusahaan / biro iklan perlu membuat iklan yang lebih menarik dengan menggunakan media iklan yang efektif karena dengan demikian citra positif sebuah produk dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Alamsyah, Ahmad Fahrudin |
Keywords: | Media Periklanan; Citra Positif Produk; Kartu simPATI |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 09:47 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 09:47 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56497 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |