Kholil, Ahmad (2003) Pengaruh Atribut Produk terhadap Peningkatan Kepuasan Konsumen pada Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo cabang Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
99220134.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo merupakan salah satu UKM yang bergerak dalam bidang makanan, merupakan salah satu UKM yang tangguh dengan falsafah halalan toyyiban. sehingga mampu berdiri semakin kokoh di tengah-tengah persaingan ekonomi yang semakin global. Hal ini terlihat dari 12 cabang yang dibuka di berbagai kota besar di Indonesia, salah satunya yang ada di Malang ini. Yang mampu menyajikan ciri khas tersendiri yang dapat menarik konsumen. Ciri khas yang disajikan pada rumah makan Ayam Bakar Wong Solo merupakan salah satu strategi dan kebijakan perusahaan yang menggunakan pendekatan atribut produk. Pendekatan diasumsikan bahwa perhatian konsumen bukan terhadap produk secara nyata/fisik, melainkan lebih ditujukan kepada atribut produk yang bersangkutan. Pendekatan atribut ini menggunakan analisis utilitas yang digabungkan dengan analisis kurva indefem.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut produk terhadap kepuasan konsumen di rumah makan Ayam Bakar Wong Solo cabang Malang
Pendekatan atribut ini menggunakan analisis utilitas yang digabungkan dengan analsis kurva indefem, yang mana dilakukan penelitian untuk memperoleh hasil yang akurat, ditetapkan 100 sampel dengan metode pengambilan sampel Purposive Random Sampling, yaitu teknik pengambilan sampel yang dipilih berdasarkan pertimbangan tertentu dan diambil secara acak. Jenis datanya adalah data primer dan data sekunder. Sedangkan Teknik Pengumpulan Data melalui:Observasi, Interview dam kuisioner.
Hasil uji validitas menunjukkan nilai r pearson lebih dari rUbci sehingga data yang ada sedah valid. Uji reliabilitas menunjukkan nilai alpha cronbach lebih dari 0,6 sehingga data yang ada sudah reliable. Sedangkan uji normalitas menunjukkan bahwa nilai Kolmogorov Smimov lebih dari 0,05 sehingga data yang ada berdistribusi normal.
Hasil analisis regresi linier berganda didapatkan persamaan Y= 1,151 + O144X, 0,100 +ح 0,189 ب x3 + 0,141 xo,164 x5 Dengan nilair0,817yang berarti pengaruh yang ditimbulkan sangat besar dan nilai r sebesar 0,667 yang berarti variabel terikat dapat dijelaskan oleh variabel bebas sebesar 66,7 % dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Sedangkan Fhitung (37,696) > Ftabei (2,76), dan thitung > ttabel untuk semua variabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Variabel cita rasa dan variasi menu adalah variabel yang paling dominant karena yang mempunyai standardized coefficients beta (0) yang paling tinggi yaitu sebesar 0,189.
Pada uji asumsi Multikolinieritas nilai VIF kurang dari 10 sehingga tidak terjadi multikolinieritas. Kemudian pada uji autokorelasi nilai durbin Watson (dw) terletak diantara nilai du dan 4-du serta terletak diantara nilai dl dan 4-dl sehingga tidak terjadi gejala autokorelasi. Dari uji asumsi heterokedastisitas didapatkan hasil nilai sig (t) lebih dari 0,05 sehingga model regresi tidak terkena gejala heterokedastisitas.
Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda dapat diketahui bahwa variabel: Kecepatan pelayanan, kebersihan dan kerapian tempat, kesopanan dan keramahan dalam pelayanan, cita rasa dan variasi menu, dan kelengkapan fasilitas pendukung mempunyai pengaruh yang sangat kuat terhadap keputusan pembelian yang ditunjukkan dengan nilai R sebesar 0,817. Dan nilai R2 sebesar 0,667 menunjukkan bahwa variabel tingkat kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh variabel bebas sebesar 66,7 % sedangkan sisanya yaitu sebesar 33,3 % dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Alamsyah, Ahmad Fahrudin |
Keywords: | Atribut Produk; Peningkatan Kepuasan Konsumen; Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 09:49 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 09:49 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56492 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |