Arifin, Djaenal (2002) Analisis perencanaan strategi guna memperkuat daya saing pada Perusahaan Rokok Djagung Padi Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
98220424.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Dengan melihat kondisi perekonomian saat ini, maka Perusahaan Rokok Djagung Padi Malang diharapkan memiliki kemampuan untuk bersaing dan cepat tanggap terhadap perubahan-perubahan dilingkungannya, untuk itu dibutuhkan perencanaan strategi yang tepat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kasus pada Perusahaan Rokok Djagung Padi Malang dengan judul "Analisis perencanaan strategi guna memperkuat daya saing pada Perusahaan Rokok Djagung Padi Malang". Adapun rumusan masalahnya adalah Bagaimana proses perencanaan strategi yang diterapkan dan strategi apa yang tepat guna memperkuat daya saing pada Perusahaan Rokok Djagung Padi Malang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses perencanaan strategi yang diterapkan dan mengetahui strategi yang tepat guna memperkuat daya saing pada Perusahaan Rokok Djagung Padi Malang.
Penelitian ini menggunakan beberapa alat analisa. Beberapa Analisis yang dilakukan adalah dengan cara menganalisa faktor internal perusahaan berupa SDM, produksi, keuangan dan pemasaran serta menganalisa faktor eksternal perusahaan berupa ekonomi, demografi pemerintah, teknologi dan pesaing. Dengan menggabungkan keduanya melalui analisis SWOT dapat kita tentukan posisi perusahaan dan strategi yang tepat yang harus dilakukuan oleh perusahaan untuk menghadapi daya saing.
Dari analisis SWOT dapat dilihat kekuatan perusahaan diantaranya : Tersedianya bahan baku yang memudahkan diperoleh dan cukup untuk memenuhi operasional produksinya, perusahaan memiliki pimpinan yang sarat dengan pengalaman. Kelemahan perusahaan diantaranya : Kurang gencarnya pelaksanaan promosi yang dilakukan oleh perusahaan, dalam pemasaran produknya perusahaan hanya memasarkan produknya hanya sekitar daerah Jawa Timur saja. Peluang yang dimiliki perusahan diataranya : Perbedaan cuaca suatu daerah menunjukkan adanya perbedaan dengan daerah yang lain sehingga adanya kemungkinan di dalam mengkonsumsi suatu produk menunjukkan banyak perbedaan didalam mengkonsumsi suata produk., sebagai pengahasil barang dimana produk yang dihasilkan merupakan barang yang telah banyak dikonsumsi masyarakat luas sehingga memiliki pasar yang luas, yang artinya bahwa perusahaan memiliki kemampuan memenuhi kebutuhan masyarakat. Ancaman yang dihadapi perusahaan diantaranya : Banyaknya peserta dalam industri ini dan rintangan masuk yang rendah, menyebabkan tingkat rivalitas yang tinggi, harga bahan baku yang cenderung naik akibat dari adanya kenaikan bahan baku.
Dari hasil analisa SWOT tersebut dapat disimpulkan perusahaan rokok Djagung Padi Malang berada pada posisi sel 1 dimana dalam keadaan tersebut perusahaan harus melakukan strategi pertumbuhan.
Untuk mendukung strategi pertumbuhan maka perusahaan harus mengiplemetasikan strateginya itu antara lain : Kebijaksanaan Pemasaran dengan melakukan promosi gencar dan saluran distribusi hendaknya diperluas. Kebijaksanaan Keuangan dengan mengendalikan biaya Kebijaksanaan Produksi dengan proses perusahaan harus memperhatikan terhadap pemeliharaan mesin- mesin ataupun penambahan fasilitas yang dianggap perlu untuk meningkatkan kelancaran proses produksi. Kebijaksanaan Personalia dengan mempertahankan loyalitas karyawan perlu dilakukan melalui motivasi karyawan untuk meningkatkan rasa memiliki terhadap perusahaan, sehingga adanya kerjasama yang baik dari semua.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Al Idrus, Salim |
Keywords: | perencanaan strategi; daya saing |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 09:50 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 09:50 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56491 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |