Responsive Banner

Penerapan metode tanya jawab untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas X tentang pasar abstrak di MAN Ngraho Bojonegoro

Yulianti, Mimin (2007) Penerapan metode tanya jawab untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas X tentang pasar abstrak di MAN Ngraho Bojonegoro. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
00160046.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK

Keberhasilan proses belajar mengajar dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan sangat dipengaruhi oleh banyak faktor baik teknis maupun non teknis salah satu aspek yang sangat penting dalam rangka mencapai tujuan pendidikan adalah metode ketepatan dalam pemilihan metode merupakan kesesuaian antara karakteristik materi dan karakteristik siswa baik secara psikologis maupun jasmani untuk itu diperlukan kejelian seorang guru dan ketrampilan dalam mendiagnosa dan menentukan strategi serta metode yang akan diterapkan.

Dengan mengacu pada latar belakang di atas, maka dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut: ،’Bagaimanakah Proses Mengefektifkan Pembelajaran Pasar Abstrak dengan Strategi Pembelajaran Metode Tanya Jawab Kelas X MAN Ngraho" ? . Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah mendeskrepsikan proses pengefektifan pembelajaran pasar abstrak dengan strategi pembelajai metode tanya jawab di kelas X MAN Ngraho Bojonegoro.

Metode tanya jawab adalah penyampaian pelajaran dengan jalan mengajukan pertanyaan dan murid menjawabnya. Metode tanya jawab dapat juga berarti suatu cara mengajar yang dilakukan dimana guru dan murid aktif bertanya, guru bertanya murid mencari jawaban dan mengemukakan ide baru atau suatu metode di dalam pendidikan dimana guru bertanya sedangkan murid menjawab tentang bahan atau materi yang ingin diperolehnya. Penelitian tindakan kelas (PTK) bertujuan untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam belajar dan membangkitkan minat dan masa ingin tahu siswa terhadap masalah yang sedang dibicarakan serta untuk memperbaiki pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (KBM) secara efektif dan efisien hal ini telah terbukti.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan metode tanya jawab ini hasil belajar siswa baik secara kualitatif dan kuantitatif siswa kelas X MAN Ngraho Bojonegoro semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Wahidmurni, Wahidmurni
Keywords: Metode Tanya Jawab; Pasar Abstrak
Departement: Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen
Depositing User: Koko Prasetyo
Date Deposited: 29 Sep 2023 09:10
Last Modified: 29 Sep 2023 09:10
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56486

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item