Santi, Rike Farid (2006) Pengaruh brand image terhadap keputusan pemilihan konsumen: Studi kasus pada Koperasi Agro Niaga Indonesia (KANINDO) Syari'ah Cabang Dau Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
02220010.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Perkembangan perbankan syari'ah di Indonesia dari tahun ke tahun mengalami perubahan yang sangat berarti (significant). Hal ini dapat dilihat dari kenaikan jumlah kantor bank syari'ah maupun unit syari'ah setiap tahunnya. Melihat fenomena tersebut KANINDO berinisiatif untuk merubah unit usaha mereka menjadi usaha yang dikelola berdasarkan prinsip syari'ah terutama pada unit simpan pinjam. Upaya perubahan telah dilakukan oleh KANINDO sejak tahun 2004. Dari upaya perubahan tersebut diharapkan brand image KANINDO juga berubah, sehingga keputusan konsumen ikut terpengaruh.
Penelitian ini merupakan penelitian penjelasan (explanatory research) yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan kausal antara brand image dan keputusan konsumen melalui pengujian hipotesis. Teknik analisis data yang d ؛gunakan yakni (1) uji validitas dan reliabilitas dari item-item kuisioner, (2) uji asumsi klasik setiap variabel, (3) uji normalitas, dan (4) uji regresi linier .berganda. Kemudian model regresi tersebut dilakukan pengujian hipotesis yakni secara simultan (uji F), secara parsial (uji t) dan variabel yang dominan.
Berdasarkan pengujian hipotesis di atas diperoleh hasil bahwa secara simultan variabel brand image mempunyai pengaruh yang cukup kuat yakni sebesar 10,483. Namun, apabila dilihat dari Adjusted R Square maka variabel brand image mempunyai pengaruh yang lemah terhadap keputusan konsumen yakni sebesar 22,3 %. Sedangkan, berdasarkan uji t (secara parsial) komponen variabel brand image yakni (1) dtra pembuat menolak Ho dan menerima Ha yang berarti variabel ini berpengaruh, (2) Citra pemakai menolak Ho dan menerima Ha yang berarti variabel ini berpengaruh, dan (3) Citra produk menerima Ho dan menolak Ha yang berarti variabel ini tidak berpengaruh. Dilihat dari koefisien regresi B maka dapat disimpulkan bahwa komponen variabel brand image yang dominan mempengaruhi keputusan konsumen adalah citra pemakai yakni sebesar 0,273.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Sajudinnoor, Sajudinnoor |
Keywords: | pengaruh brand image; keputusan konsumen |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Adi Sucipto |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 09:12 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 09:12 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56484 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |