Akromah, Nur (2003) Pengaruh Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan pada Swalayan Bravo di Tuban. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
99220075.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Dalam menjalankan usahanya berbagai upaya telah dilakukan oleh suatu perusahaan untuk menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat. Mereka berupaya agar usaha yang telah dijalankannya selama ini dapat berjalan lancar dan dapat memenangkan persaingan dengan perusahan lain. Bentuk usaha yang selama ini digunakan dalarp pasar swalayan adalah bentuk usaha eceran, karena usaha eceran ini lebih mudah di bandingkan dengan mendirikan sebuah perusahaan yang menciptakan suatu produk.
Swalayan berusaha dengan baik, guna memenuhi kepuasan pelanggan dimana upaya yang digunakan untuk memenuhi kepuasan pelanggan menggunakan suatu kebijaksanaan khusus yang menyangkut masalah pelayanan dan harga untuk memenuhi keinginan dan harapan pelanggan.
Adapun tujuan diadakanya penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dan pengaruh masing-masing variabel secara individual maupun secara bersama-sama. Serta untuk mengetahui faktor variabel mana yang memiliki pengaruh paling besar terhadap kepuasan pelanggan dalam berbelanja. Untuk tujuan tersebut penulis telah melaksanakan penelitian dengan mengambil obyek para pelanggan swalayan bravo sebagai konsumen dalam memilih swalayan dalam berbelanja.
Permasalahan yang ada adalah bagaimana hubungan dan pengaruh kedua variabel terhadap kepuasan pelanggan secara individual maupun secara bersama- sama, serta faktor variabel mana yang memiliki pengaruh paling besar terhadap kepuasan pelanggan tersebut. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan menganalisa hubungan dan pengaruh antara kedua variabel dan kepuasan pelanggan dalam berbelanja, dengan menggunakan analisa metode statistik regresi berganda. Sedangkan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t (uji parsial) untuk mengetahui hubungan secara individu dan untuk mengetahui hubungan secara bersama-sama dengan menggunakan uji F (uji simultan).
Dari hasil analisis diketahui bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variabel bebas terhadap variabel terikat yang di tunjukkan dengan nilai koefisien determinasi 0,532. dari perhitungan uji F di peroleh Fhitung sebesar 43,678 dengan tingkat kepercayaan sebesar 95% (a = 0,05), dan diketahui Fmbci sebesar 995 (Fhitung-Ftabel) sehingga kesimpulannya variabel bebas secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap variabel terikat. Dari uji t juga diketahui bahwa secara parsial semua variabel bebas mempunyai pengaruh terhadap variabel terikat karena, thitung > tcj, yang dijabarkan sebagai berikut:
thitung variabel pelayanan (X) sebesar 8,556. thitung variabel harga (X2) sebesar 4,473. jadi pelayanan (Xi) merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh pada persepsi konsumen, karena memiliki thiiung paling besar. Oleh karena itu swalayan bravo perlu meningkatkan pelayanan dengan baik agar dapat menarik para pelanggan.
Sedangkan bagi pelanggan swalayan bravo hendaknya menjadikan kedua variabel (pelayanan dan harga) yang ada sebagai acuan atau patokan dasar bagi pelanggan yang ingin berbelanja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Usri, Abdul Kadir |
Keywords: | Pelayanan; Harga; Kepuasan Pelanggan; Swalayan Bravo |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 09:47 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 09:47 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56483 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |