Rukhoiyah, Rukhoiyah (2003) Pengaruh Pengembangan Produk terhadap Penjualan pada Perusahaan Rokok Valas Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
99220063.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Suatu perusahaan bagaimanapun bentuknya, besar maupun kecil menginginkan dan berusaha untuk meningkatkan penjualan agar target yang telah ditetapkan dapat tercapai. Suatu pasar saat ini menunjukkan tingkat persaingan yang tinggi. Kondisi ini disebabkan oleh banyaknya perusahaan yang memproduksi barang yang sama. Dengan kondisi yang seperti ini agar suatu perusahan dapat bertahan dalam bisnis maka suatu perusahaan harus membuat suatu strategi agar barang yang diproduksi itu selalu menjadi pilihan konsumen yang salah satunya adalah strategi pengembangan produk. Rumusan penelitian ini adalah a) Bagaimana gambaran penjualan pada perusahan rokok "Valas" Malang? b) Bagaimana gambaran pengembangan produk pada perusahaan rokok "Valas" Malang? c) Apakah ada pengaruh pengembangan produk terhadap penjualan pada perusahaan rokok "Valas" Malang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penjualan dan pengembangan produk serta untuk mengetahui pengaruh pengembangan produk yang dilakukan oleh perusahaan perusahaan "Valas" Malang.
Penelitian ini adalah penelitian eksplanatori yaitu penelitian yang menyoroti hubungan antara variabel-variabel penelitian dan menguji hipotesa yang telah dirumuskan sebelumnya. Dan dengan menggunakan metode Paired Sample T Pest. Paired Sample atau sampel berpasangan adalah sebuah sampel dengan subyek yang sama namun mengalami dua perlakuan atau pengukuran yang berbeda. Tujuan dari menguji dua menguji dua sampel yang berpasangan adalah apakah mempunyai rata-rata yang secara nyata ataukah tidak.
Pengembangan produk sangat berpengaruh terhadap penjualan, Menurut Stanton (1996:226) hubungan pengembangan produk dengan penjualan sangat erat hubungannya karena dalam usaha memperpanjang daur hidupnya maka sebuah perusahaan perlu mengadakan perubahan dalam produknya guna mencapai titik yang lebih baik. Jika produk tersebut tidak dirubh atau tidak dilakukan penambahan, maka laba, pangsa pasar, volume penjualan perusahaan akan menurun dan pada akhirnya perusahaan itu sendiri akan bangkrut. Sehingga dengan adanya pengembangan produk dapat menopang pertumbuhan dalam arti volume penjualan perusahaan akan naik.
Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan produk mempunyai hubungan dan penganuh lerhadap meningkatkan penjualan perusahaan .Karena itu perusahaan harus terus memperhatikan perkembangan yang selalu terjadi di pasar agar tidak ketinggalan dengan perusahaan lain yang sejenis. Selain itu perusahaan juga harus memperhatikan produk-produk yang lelah di hasilkan untuk mempertahankan kwalitas produk dan mengelahui tingkat kejenuhan produk.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Wahidmurni, Wahidmurni |
Keywords: | Pengembangan Produk; Penjualan; Perusahaan Rokok Valas Malang |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 09:49 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 09:49 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56480 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |