Fanani, Muhammad Asnan (2003) Faktor-Faktor yang mempengaruhi Minat Masyarakat Menabung di PT. BPRS Bumi Rinjani Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
99210738.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Perbankan sebagai lembaga intermediary finance merupakan lembaga yang banyak memberikan kontribusi terhadap pembangunan khususnya disektor moneter. Di Indonesia lembaga perbankan beroperasi menggunakan system bunga sebagai imbalan. Pada tahun 1998 perbankan yang menggunakan system bunga sebagai pijakan operasinya menuai banyak persoalan akibat peristiwa krisis moneter. Persoalan yang dihadapi dapat dilihat dari runtuhnya systeni perbankan di Indonesia akibat krisis moneter. Diantara bukti runtuhnya system perbankan di Indonesia yaitu adanya bank yang harus menghadapi likuidasi karena tidak layaknya suatu bank untuk beroperasi. Disamping itu ekspansi kredit yang tidak memperhatikan BMPKjuga menyebabkan banyaknya kredit macet.
Dari problematika tersebut maka lembaga keuangan syariah mulai mengaktualisasikan sebagai solusi alternative ketika terjadinya krisis. Dengan munculnya paradigma alternative pada lembaga keuangan syariah maka muncullah beberapa bank umum yang mendirikan divisi syariah atau mengkonversikan diri menjadi bank syariah. Disamping itu juga lembaga keuangan yang berupa BPRS-BPRS juga turut mengalami perketnbangan yang cukup signifikan. Salah satu BPRS yang akhir-akhir ini muncul yaitu PT. BPRS Bumi Rinjani yang terletak di Batu. Meskipun keberadaannya masih relatif muda akan tetapi masyarakat cukup antusias memanfaatkan fasilitas atau produk yang dimiliki oleh PT. BPRS Bumi Rinjani Batu khususnya produk simpanan atau tabungan.
Dengan demikian permasalahan yang akan diungkap dalam penelitian ini yaitu mengenai faktor yang mendorong masyarakat memanfaatkan jasa tabungan yang dimiki oleh PT. BPRS Bumi Rinajani Batu.
Untuk mengungkap mengenai perilaku masyarakat tersebut peneliti kali ini menggunakan instumen kuesioner sebagai alat untuk menggali data mengenai keputusan nasabah (responden) menabung yang memuat tentang variable penelitian diantaranya bagi hasil, produk, pelayanan serta mengamalkan prinsip syariah. Kemudian variable penelitian tersebut yang tergolong variable independent dihubungkan dengan variable dependent yaitu keputusan nasabah menabung di PT. BPRS Bumi Rinjani Batu dengan metode analisis regresi korelasi linier berganda.
Dari penelitian yang dilakukan dan kemudian diadakan pengujian maka, dapat diperoleh bahwa sccara serentak dapat diketahui bahwa variabel bagi hasil, produk, pelayanan dan prinsip syariah berpengaruh terhadap keputusan masyarakat menabung di PT. BPRS Bumi Rinjani Batu yang ditunjukkan oleh besarnya Fhitung = 19,301 lebih besar dari Ftabel = 5,19.
Berdasarkan pengujian secara parsial diketahui bahwa variable bagi hasil (XI) dengan (bj = 0,360, thill = 3,674 dan probabilitas 0,000) dan variabel prinsip syariah (7«4) dengan (b،t = 0,288, thiii = 3,346 dan probabilitas 0,001) berpengaruh terhadap keputusan nasabah menabung di PT. BPRS Bumi Rinjani Batu. Sedangkan variabel produk (X2) dengan (b2 = 0,145 thi(. = 1,651 dan probabilitas 0,103) dan variabel pelayanan (X3) dengan (b., = 0,009, tiiii. = 0,094 dan probabilitas 0,926) tidak mempengaruhi keputusan nasabah menabung di PT. BPRS Bumi Rinjani Batu. Sehingga berdasarkan pengujian regresi secara parsial diidentifikasi bahwa variabel bagi hasil merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan konsumen menabung di P'I'. BPRS Bumi Rinjuani Batu.
Untuk itu, hendaknya bagi hasil yang merupakan variable dominan mempengaruhi keputusan nasabah menabung di PT. BPRS Bumi Rinjani Batu lebih diprioritaskan untuk dipertahankan dan bahkan ditingkatkan untuk meraih hati nasabah dan sekaligus untuk memenangkan persaingan. Sedangkan variable produk dan pelayanan yang kurang memberikan pengaruh terhadap keputusan nasabah menabung di PT. BPRS Bimi Rinjani Batu hendaknya diperhatikan, dievaluasi serta ditindaklanjuti sesuai dengan kondisi supaya untuk dedikasi kualitas jasa yang dimikili pihak PT. BPRS Bumi Rinjani Batu bisa dapat memuaskan keinginan konsumen (nasabah).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Usri, Abdul Kadir |
Keywords: | Faktor; Pengaruh; Minat |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 09:46 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 09:46 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56471 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |