Ulfah, Nunuk Maria (2003) Pelaksanaan Manajemen Kredit dalam mengatasi Kredit Macet pada PT. Bank Perkreditan Rakyat Gunung Ringgit Dinoyo Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
98220703.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Memperoleh keuntungan merupakan tujuan utama berdiri semua badan usaha yang bergerak dalam bidang jasa maupun non jasa. Dalatn praktiknya tidak semua badan usaha memperoleh seperti yang ditargetkan bahkan tidak sedikit yang menderita kerugian, agar badan usaha tidak menderia kerugian maka perlu mengelolanya secara profesional. Peranan bank tidak pernah terlepas dari masalah penyaluran kredit, bahkan pemberian kredit adalah tulang pungung kegiatan bank, sehingga perlu dikelola dengan sebaik-baiknya.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan diskriptif ('descriftive approach). Pendekatan diskriptif digunakan dalam penelitian ini lebih dimaksud untuk menggambarkan Pelaksanaan Manajemen Kredit dalam Mengatasi Kredit Macet pada Bank Perkreditan Rakyat Gunung Ringgit Dinoyo Malang. Dalam Pengumpulan data diperoleh dari observasi secara partisipasi maupun non partisipasi serta secara interview dengan melalui pedoman wawancara. Observasi partisipasi ini peneliti lakukan pada waktu melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) pada bulan Pebruari - Maret 2002.
Berdasarkan hasil survey dan analisa yang penulis lakukan, dapat dikemukakan bahwa manajemen kredit yang diterapkan dalam mengatasi kredit inacet PT. Bank Perkreditan Rakyat Gunung Ringgit Dinoyo Malang meliputi perencanaan kredit yang terdiri sumber dana yang diperoleh, jenis kredit yang ada, jenis produk yang dipasarkan serta suku bunga yang ditawarkan. Selain perencanaan kredit adalah pengorganisasian yang dapat dilihat pada struktur organisasi dan uraian jabatan, kemudian pelaksanaan atau actuating yang berlaku pemberian kredit tehliri dari ketentuan pemberian kredit, persyaratan yang harus dipenuhi serta analisa kredit yang berfungsi untuk menilai apakah seorang debitur layak atau tidak untuk menilai kredit. Penilaian ini menggunakan analisa 5C. Tahapan terakhir dalam manajemen yang sangat penting adalah pengawasan/pengamanan/ controling yang dilakukan secara terpadu. Dalam melaksanan penyaluran kredit ke masyarakat tidak selamanya mengalami kelancaran dalam perjalananya, ini terbukti dari kurun waktu selama lima tahun yang dimulai dari tahun 1997-2001, kredit macet terjadi pada tahun 2001, namun kredit macet yang terjadi dapat segera diatasi yaitu dengan cara memperpanjang jangka waktu pinjaman, meninjau isi ulang perjanjian kredit dan langkah terakhir yang jarang dilakukan adalah penyitaan barang jaminan jika debitur, sehingga kredit macet yang terjadi tidak mengganggu kinerja bank. Meskipun demikian tapi manajemen yang diterapkan sudah tergolong cukup baik, hal ini ditunjang oleh manajemen kredit yang baik, karena kredit yang diberikan sudah dikelola, dianalisis dan dilaksanakan sesuai dengan rencana dan ketetapan yang telah ditentukan, disamping itu pengawasannya punjuga dilakukan secara terpadu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Muhammad, Suaib H. |
Keywords: | Pelaksanaan Manajemen Kredit; Kredit Macet; PT. Bank Perkreditan Rakyat Gunung Ringgit Dinoyo Malang |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 09:46 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 09:46 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56469 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |