Rahmaniah, Rif’atur (2002) Strategi pemasaran dalam posisi persaingan pada Perusahaan Rokok Valas di Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
98220297.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pertumbuhan bisnis rokok dewasa ini semakin pesat dan kompleks, dengan semakin banyaknya perusahaan rokok baru yang akan memperketat persaingan yang ada. Hal ini menuntut PR.Valas (tempat penelitian) untuk berbuat sesuatu agar dapat selalu ikut dalam kancah persaingan tersebut. Salah satu tindakan penting disini adalah merumuskan strategi pemasaran, karena pemasaran merupakan fungsi yang memiliki kontak paling besar dengan lingkungan eksternal, sedangkan alat kendali perusahaan sangat terbatas. Dalam peranan strategisnya pemasaran mencakup usaha untuk mencapai kesesuaian antar perusahaan dengan lingkungannya dalam rangka mencari pemecahan atas masalah penentuan, salah satunya adalah masalah bauran pemasaran (4p), sebagai salah satu pedoman persaingan. Strategi bersaing yang berkaitan dengan bauran pemasaran mutlak diperlukan untuk mengantisipasi ancaman dari para pesaing PR.Valas.
Penelitian ini berjenis studi kasus dan bersifat deskriptif dengan jenis data kualitatif (deskriptif kualitatif). Penelitian ini menjelaskan fenomena yang ada dengan cara mengembangkan konsep dan menghimpun fakta. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi pemasaran PR.Valas selama ini serta keefektifannya dan untuk menganalisa lebih lanjut strategi pemasaran agar tetap mampu dijadikan pedoman dalam pengambilan keputusan strategi pemasaran untuk persaingan.
Analisis yang digunakan disini adalah analisis SWOT terhadap lingkungan internal dan eksternal perusahaan yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman bagi perusahaan. Dari analisis yang telah penulis lakukan dapat diketahui bahwa dari kekuatan dan peluang perusahaan dapat dihasilkan alternatif strategi so, diantaranya yaitu : pengembangan pasar, peningkatan kualitas produk dengan teknologi lebih modem dan meningkatkan kerjasama dengan pemasok. Dari kelemahan dan peluang perusahan dapat dihasilkan alternatif strategi WO yaitu : menambah aktifi tas promosi melalui radio dan memperbaiki ketjasama dengan distributor. Dari ancaman dan kekuatan yang dimiliki perusahaan dapat dihasilkan strategi ST, dengan alternatif strategi : kenaikan harga disertai peningkatan kualitas dan deferensiasi produk. Sedangkan dari kelemahan dan ancaman yang dimiliki perusahaan dapat dihasilkan strategi ١ WT dan alternatif strategi yang dihasilkan adalah efisiensi biaya dan penciutan. Adapun relevansi antara pembahasan teoritis dan empiris untuk lebih jelasnya penulis tuangkan dalam kesimpulan, sedangkan kekurangannya penulis sajikan dalam saran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Djakfar, Muhammad |
Keywords: | strategi pemasaran; persaingan |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 09:51 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 09:51 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56461 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |