Aziza, Urfi Widya (2003) Penerapan strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan pada PT. Malang Post Cemerlang Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Full text)
98220292.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Malang Post Cemerlang merupakan salah satu perusahaan penerbitan yang berada di kota Malang. Bagi setiap perusahan apapun jenis perusahaan tersebut salah satu tujuan perusahaan adalah meningkatkan penjualan produknya. Hal ini tidak terlepas bagi PT Malang Post Cemerlang yang salah satu tujuan perusahaan adalah meningkatkan volume penjualan dengan keuntungan yang maximum. Karena itu agar tujuan perusahaan tercapai, maka PT Malang Post Cemerlang perlu melakukan tindakan yang tepat, dengan merumuskan strategi pemasaran.
Penelitian ini hendak mengkaji secara mendalam persoalan yang berkaitan denagn penerapan strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan pada PT. Malang Post Cemerlang. Adapim rumusan masalahnya adalah Strategi apa yang diterapkan oleh PT, Malang Post Cemerlang dalam meningkatkan volume penjualan dan strategi bagaimana yang efektif meningkatkan volume penjualan tersebut.
Untuk memperoleh data yang sesuai dengan permasalahan diatas, peneliti menggunakan beberapa metode seperti interview(wawancara), observasi dan Dokumentasi. Adaapun sumber data berasal dari data primer dan data sekunder yang diperoleh dari sumber lain yang terkait dengan penelitian ini.
Penelitian ini menggunakan data kualitatif bersifat deskriptif kualitatif, yang bersifat menjelaskan fenomena yang ada, dengan mengembangkan konsep dan menghimpun fakta. Adapun analisis data yang digunakan adalah analisa SWOT terhadap lingkungan internal (kekuatan dan kelemahan) dan eksternal (peluang dan ancaman) perusahaan.
Dari hasil analisa yang penulis sajikan dapat diketahui bahwa kekuatan perusahaan terletak pada produk, harga, produksi dan Sumber Daya Manusia. Sedangkan kelemahan terletak pada kurang efectifhya promosi, kurang lancarnya distribusi dan pada keuangan perusahaan. Sedangkan peluang yang dimiliki perusahaan terletak pada ekonomi daerah, teknologi, entri barrier, sosial, dan suplier bargaining power, sedangkan ancaman yang dihadapi adalah persaingan dalam industri, buyer bargaining power, kebijakan pemerintah, perekonomian daerah, produk substitusi.
Dari analisis ini dapat dihasilkan alternatif -alternatif strategi yang dapat dilakukan perusahan sehingga perusahaan dapat melakukan implementasi (tindakan)dan evaluasi strategi perusahaan, sehingga strategi perusahan tercapai.
Adapun relevansi antara pembahasan teoritis dan emphiris untuk lebih jelasnya penulis tuangkan dalam kesimpulan, sedangkan kekurangannya penulis sajikan dalam saran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Muhammad, Suaib H. |
Keywords: | strategi pemasaran; volume penjualan |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 27 Sep 2023 09:16 |
Last Modified: | 27 Sep 2023 09:16 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56459 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |