Musthofa, Chaidar (2003) Pelaksanaan Strategi Pemasaran lewat Internet sebagai media menuju Pasar Global pada Industri Kerajinan Perak: Studi kasus pada Perusahaan CV. Satya Sidhi Bali. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
98220575.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Perkembangan Teknologi Informasi (T1)و khususnya Internet yang melanda semua aspek kehidupan saat ini, membuat kekagetan dunia entah tergandakan berapa kali. Kehadiran Internet merupakan fenomena global yang tidak dapat dielakkan, suatu keniscayaan sejarah yang universal. Internet telah mengubah wajah dunia, terutama ekonomi dan bisnis. Dunia bisnis saat ini memang telah berubah dalam tata cara dan aturan permainan. Dalam masa ini setiap manusia maupun perusahaan harus terus-menerus bersikap adaptif untuk menyikapi berbagai perubahan ini. Di era globalisasi perekonomian seperti sekarang ini, perusahaan di Indonesia, baik besar maupun kecil, seperti halnya perusahaan di belahan dunia lain pada umumnya, memerlukan wawasan pasar yang komprehensiften universal} baik domestik maupun regional juga global.
Permasalahan yang diteliti dalam skripsi ini adalah kiat industri kerajinan perak dalam memasuki dunia internet dan sejauhmana pelaksanaan strategi pemasaran lewat internet pada industri kerajinan perak untuk menuju pasar global.
Daerah penelitian di Pura Subak Pemungkul No. 5 Br. Celuk, Desa Celuk Kecamatan Sukawati 80582 Gianyar Bali. Pemilihan daerah penelitian ini berdasarkan pertimbangan yaitu daerah tersebut merupakan sentra kerajinan perak tertua dan telah memiliki jaringan internasional yang luas.
Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus, yaitu menggambarkan dan memberikan informasi tentang strategi pemasaran lewat internet bagi perusahaan kecil, sekaligus bagaimana kiat-kiat yang harus dilakukan oleh suatu perusahaan kecil untuk dapat online. Metode analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa lingkungan dari perusahaan berkaitan dengan penyusunan strateginya, yaitu: analisa SAP, analisa ETOP, dan analisa SWOT.
Analisa SAP (Strategic Advantage Profile) dapat dilihat bahwa nilai positif yang merupakan kekuatan bagi perusahaan terdapat pada faktor-faktor: Mutu Produk, Promosi lewat Internet, Personal Selling, dan ikut serta dulam pameran. Sedangkan nilai negatif yang merupakan kelemahan pada perusahaan terdapat pada factor-faktor Merek Produk, Harga, Ketergantungan dengan perantara, dan Transaksi penjualan. Sedang pada analisis ETOP dapat dilihat bahwa nilai positif yang merupakan peluang bagi perusahaan terdapat pada faktor-faktor: Geografis. Demografi, Teknologi, Pemerintah Pelanggan, dan Pemasok. Sedangkan nilai negatif yang merupakan ancaman bagi perusahaan terdapat pada faktor-faktor: Ekonomi, Politik , Sosial budaya. Pesaing, dan Pendatang baru. Adapun hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa dalam lingkungan internal maupun lingkungan eksternal terdapat kekuatan yang tidak dimiliki oleh perusahaan lain. Disamping itu juga terdapat kelemahan yang harus segera ditutupi oleh perusahaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Soetjiptadi, Djoko |
Keywords: | Strategi Pemasaran; Internet; Pasar Global; Industri Kerajinan Perak; CV. Satya Sidhi Bali |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 27 Sep 2023 09:15 |
Last Modified: | 27 Sep 2023 09:15 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56447 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |