Gustan, Edy (2003) Peran Public Relations dalam mensosialisasikan Asuransi Syari’ah Mubarokah di Malang: Studi kasus di PT. Asuransi Syarfah Mubarokah Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
98220534.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Mengingat pesatnya kemajuan teknologi informasi maka keberadaan Public Relations atau sering disebut sebagai Hubungan Masyarakat merupakan unsur pendukung terhadap suksesnya suatu organisasi. Public Relations itu sendiri berfungsi sebagai alat perekat yang sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan atau organisasi terkemuka dalam meningkatkan kualitas yang ada diintemal perusahaan tersebut maupun diekstemal perusahaan.
Dalam tata bahasa, Public Relations itu sendiri pada dasamya berasal dari dua kata yaitu Public yang berarti sebagai suatu kelompok yang memiliki kepentingan actual atau potensial yang berpengaruh terhadap kemampuan perusahaan untuk mencapai tujuannya. Public disini juga biasa diartikan sebagai sekumpulan orang atau kelompok yang bersifat individu (person to person) yang saling berinteraksi dengan kepentingan-kepentingan tertentu disuatu wilayah. Sementara Relations sendiri berarti hubungan yang bersifat timbal balik atau two way communication. Dengan demikian secara tidak langsung betapa Public Relations ini memiliki kekuatan yang lebih bagi kemajuan suatu perusahaan dimana public relations ini dapat dikatakan sebagai hubungan komunikasi dua arah dengan sekumpulan orang atau organisasi yang memiliki pengaruh baik langsung maupun tidak langsung terhadap suatu obyek (organisasi).
Proses hubungan dua arah ini juga berlaku bagi perusahaan-perusahaan yang dalam proses berkembang seperti halnya PT. Asuransi Syari’ah Mubarokah Malang. Namun apakah pelaksanaan dari Public Relations tersebut sudah maksimal atau belum, permasalahan inilah yang layaknya dikaji Sebagai usaha untuk mewujudkan tujuan perusahaan dan dalam rangka menumbuhkan citra yang baik dalam masyarakat luas tentang keberadaan perusahaannya, maka perusahaan PT. Asuransi Syari’ah Mubarokah Malang dituntut untuk dengan lebih intensif memerankan Public Relations yang dimilikinya.
Penelitian ini dilakukan melalui tekhnis analisis data kualitatif deskriftif. Dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan yaitu: 1. PT.Asuransi Syari’ah Mubarokah Malang dalam proses perkembangannya menggunakan Public Relations atau kehumasan dalam mensosialisakan keberadaan perusahaan sekaligus produk yang dimilikinya baik barang maupun jasa, 2. Dalam pelaksanaan sosialisasi dilapangan, Public Relations atau humas ini memiliki peran yang sangat signifikan. 3. PT. Asuransi Syari’ah Mubarokah Malang mempunyai program yang sangat menunjang didalam pelaksanaan Public Relationsnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Muhammad, Suaib H. |
Keywords: | Peran Public Relations; Asuransi Syari’ah Mubarokah; PT. Asuransi Syarfah Mubarokah Malang |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 27 Sep 2023 09:15 |
Last Modified: | 27 Sep 2023 09:15 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56436 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |