Solekah, Nihayatu Aslamatis (2002) Analisis faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam keputusan untuk menabung di Lembaga Keuangan Syariah: Studi pada Lembaga Keuangan Syariah BMT Perdana Surya Utama Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
98220243.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Sampai saat ini belum diperoleh data yang memberikan gambaran seberapa besar potensi masyarakat yang menjadi sasaran utama pemasaran produk perbankan Islam tersebut, yang memang memilih Lembaga Keuangan Syariah karena menganggap bunga bank itu riba, mengingat banyaknya nasabah dari lembaga-lembaga keuangan syariah tersebut tidak berbank tunggal.
Lembaga Keuangan Syariah sebagai sebuah bank pada awal berdirinya mempunyai tujuan untuk bisa bermuamalah dalam bidang ekonomi yang sesuai dengan syariat Islam, juga harus bersaing dengan bank lainnya untuk merebut nasabah. Akan tetapi yang menjadi permasalahan adalah motivasi dari nasabah di Lembaga Keuangan Syariah sangat beraneka ragam. Meskipun pada mulanya Lembaga Keuangan Syariah ingin mewadahi dan menampung masyarakat yang tidak setuju dengan sistem bunga bank konvensional, akan tetapi tidak menutup kemungkinan karena motivasi lainnya, seperti karena hanya faktor dekatnya letak bank tersebut dari tempat tinggal nasabah atau karena faktor pelayanan ataupun faktor lainnya. Dengan mengetahui motivasi dari nasabah tentunya hal ini akan bermanfaat bagi usaha untuk mengembangkan Lembaga Keuangan Syariah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam keputusan untuk menabung pada Lembaga Keuangan Syariah serta untuk menganalisis faktor manakah dari faktor-faktor tersebut yang paling dipertimbangkan konsumen dalam keputusan untuk menabung pada Lembaga Keuangan Syariah.
Alat analisis yang dipergunakan adalah dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian serta menggunakan analisis faktor melalui tahap-tahap (ا) Deskripsi Data (2) Uji interdependensi variabel-variabel (3) Ekstraksi faktor (statistik awal) (4) Faktor sebelum rotasi (5) Rotasi faktor dan (6) Uji validitas dan reliabilitas model faktor.
Dari variabel yang dikemukakan pada item pertanyaan faktor lingkungan adalah valid dan reliabel dengan probabilitas tingkat koefisien Alpha 0, 5475. Demikian pula untuk faktor stimuli pemasaran, variabel-variabel yang ada dinyatakan valid dan reliabel dengan koefisisen Alpha 0,7202. Melalui dua kali uji kecukupan sampling maka variabel mengamalkan syariat Islam (X14), lokasi kantor yang strategis dan mudah dijangkau (X24) tidak mendukung data variabel penelitian ini. Setelah mengalami proses ekstraksi faktor terjadi penurunan nilai komunalitas yang menghasilkan faktor (X23) layanan cepat dan ramah, (x26) Personal selling/brosur serta nisbah bagi hasil yang tinggi (X27) memiliki nilai komunalitas < 0,5 maka harus dihilangkan untuk proses selanjutnya.
Hasil akhir dari analisa tersebut adalah faktor utama yang dipertimbangkan konsumen adalah faktor stimuli pemasaran dengan eigen value tertinggi sebesar 2,170 dan mampu menjelaskan keragaman varian variabel yang diobservasi sebesar 26,286%. Variabel-variabel yang mendukung faktor ini, memberikan sumbangan sebesar 26,286% dari seluruh hal-hal yang menonjol dalam mendukung faktor ini adalah X22 (Jenis Tabungan yang sesuai kebutuhan) dengan factor loading sebesar 0,800. Variabel-variabel lain yang mendukung faktor ini adalah 2١ل (Jenis Tabungan yang bervariasi) X28 (Jaminan Keamanan Uang), X25 (Lokasi bank dekat dengan tempat tinggal) dengan factor loading berturut-turut sebesar 0,787,0,638 dan 0,621.
Faktor kedua yang dipertimbangkan konsumen dalam keputusan untuk menabung di lembaga keuangan syariah yaitu Faktor Lingkungan. Faktor tersebut memiliki eigen value tertinggi sebesar 1,665 dan mampu menjelaskan keragaman (varian) variabel-variabel yang diobservasi sebesar 45,621%. Variabel-variabel yang mendukung faktor ini, memberikan sumbangan sebesar 19,334 % dari seluruh hal-hal yang menonjol dalam mendukung faktor ini adalah X12 (Sistem bagi hasil yang sesuai syariah) dengan factor loading sebesar 0,815 dan XII (Larangan agama tentang bunga bank) dengan factor loading sebesar 0,775
Faktor ketiga yang dipertimbangkan konsumen dalam keputusan untuk menabung di lembaga keuangan syariah yaitu Faktor Lingkungan. Faktor tersebut memiliki eigen value tertinggi sebesar 1,338 dan mampu menjelaskan keragaman (varian) variabel-variabel yang diobservasi sebesar 64,651 % Variabel-variabel yang mendukung faktor ini, memberikan sumbangan sebesar 19,037 % dari seluruh hal-hal yang menonjol dalam mendukung faktor ini adalah XI5 (pengaruh keluarga) dengan factor loading sebesar 0,802 dan X13 (Anjuran Ulama/kelompok keagamaan) dengan factor loading sebesar 0,785
Dengan Batasan dalam penelitian ini, maka seyogyanya bagi peneliti yang selanjutnya agar lebih banyak mengangkat variabel-variabel yang diturunkan dari teoritis, mengingat dalam penelitian ini hanya mengangkat dua faktor yaitu faktor lingkungan dan stimuli pemasaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Alamsyah, Ahmad Fahrudin and Rofiq, Aunur |
Keywords: | faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam keputusan untuk menabung |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 27 Sep 2023 09:16 |
Last Modified: | 27 Sep 2023 09:16 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56433 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |